Atur Beberapa Hal di Bawah Ini Sebelum Launching Website Anda

Jika Anda baru menggunakan wordpress, mungkin Anda masih asing dengan tools pada wordpress. Sebenarnya, wordpress sudah menyiapkan pengaturan default sehingga Anda hanya perlu melihat dan mempelajari sambil terus mengisi postingan Anda.

Namun, alangkah baiknya jika Anda mengatahui sedikit pegaturan utama yang perlu di atur sebelum benar-benar launching website Anda ke pengunjung. Hal ini akan membuat banyak perbedaan, website Anda akan tampak lebih baik. Simak caranya di bawah ini.

1. Post dan Pages Bawaan dari WordPress

Saat pertama kali menggunakan wordpress, ada post bawaan yaitu ‘hello, world!’. Anda bisa menghapusnya dengan klik trash, maka akan dibuang ke folder sampah. Perhatikan gambar di bawah ini.

Sedangkan pages bawaannya bernama ‘sample pages’, perlu juga Anda hapus agar tampilan website Anda lebih baik, tidak seperti website belum jadi. Lagipula kedua hal tersebut juga tidak Anda butuhkan, jadi dihapus saja.

2. Kategori Bawaan Uncategorized

Saat masuk ke menu posts – categories, Anda akan menemukan kategori bawaan namanya Uncategorized. Kategori ini tidak bisa dihapus sampai Anda membuat kategori baru, atau lebih gampangnya Anda bisa ubah saja namanya sesuai dengan kategori yang Anda inginkan, selesai.

Untuk mengubah setting kategori Anda bisa ke menu setting – writing, seperti di bawah ini.

Silahkan Anda pilih untuk pengaturan default post category-nya.

3. Atur Dulu Format Tanggal

Seperti saat pertama membeli handphone, akun wordpress juga perlu diatur tanggalnya. Hal ini untuk memudahkan Anda ke depannya. Silahkan masuk ke menu setting – general.

Pada menu general, banyak sekali pengatura yang dapat Anda ubah, silahkan scroll ke bawah untuk pengaturan tanggal. Ubah timezone, format tanggal, format waktu dan week starts on, setelah itu bisa di klik save changes.

4. Lengkapi profile

Yang satu ini tidak boleh ketinggalan. Profile sangatlah dibutuhkan agar semakin dekat dengan pengunjung website Anda. Mereka bisa cek siapa Anda melalui profile. Perlu Anda ketahui pengunjung suka penulis dengan profile yang jelas.

Anda bisa mengubah nama, akun media sosial dan biografi tentang diri Anda.

Masih banyak yang perlu Anda lakukan saat pertama kali menggunakan wordpress. Tetapi, Saya rasa ke empat hal di atas lah yang paling penting. Selanjutnya silahkan mencoba, semoga berhasil 🙂