Begini Caranya Export Blogspot blogger ke WordPress

Jika Anda merupakan blogger atau penulis blog, pasti memiliki platform blog untuk menampung inspirasi dan menuangkannya dalam bentuk tulisan. Blog memang memiliki banyak fungsi dan juga bermanfaat untuk pengguna internet yang mencari informasi melalui tulisan di blog. Budaya menulis di blog dan mencari informasi melalui tulisan di blog sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Hal ini dikarenakan banyaknya topik-topik menarik yang ditulis oleh blogger, seiring dengan banyaknya permintaan pasar atau pengunjung blog.

Platform blog itu sendiri bermacam-macam pilihannya, ada yang gratis dan juga berbayar. Platform yang paling banyak diminati hingga saat ini yaitu BlogSpot dan WordPress. Keduanya memang paling banyak dipakai oleh blogger dan dua-duanya bisa dimanfaatkan secara gratis. Namun, bisa juga diupgrade ke versi berbayar dengan fitur yang lebih banyak dan lengkap.

Membangun Sebuah Blog

Untuk membangun blog, Anda perlu memikirkan tujuan atau alasannya terlebih dahulu. Untuk apa blog itu dibuat dan akan diisi dengan konten jenis apa. Blog itu sendiri bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan, di antaranya seperti berikut ini:

  • Blog pribadi atau jurnal, umumnya diisi dengan kegiatan atau pengalaman sehari-hari penulis
  • Blog perusahaan atau instansi, merupakan blog company profile untuk memperkenalkan perusahaan atau instansi terkait
  • Blog untuk berjualan atau berdagang online, merupakan blog khusus untuk toko online

Kemudian bisa mencari tahu dan memutuskan platform apa saja yang bisa digunakan untuk membuat blog sesuai dengan kebutuhan blog Anda. Setelah itu, rajin-rajinlah mengisi konten agar blog semakin besar dan tersebar luas di internet.

Nah, saat pertama kali membuat blog Anda pasti akan berusaha untuk membangun blog agar banyak dikunjungi oleh pengguna internet. Dengan begitu blog yang dikelola bisa tersebar luas di internet. Namun, bagaimana jika Anda ingin pindah platform? Misalnya saat pertama kali membangun blog menggunakan BlogSpot, lalu saat ini ingin pindah ke platform WordPress.

Memindahkan atau Export BlogSpot ke WordPress

Tenang saja, keinginan Anda bisa terwujud kok, asalkan memiliki akses ke admin BlogSpot dan admin WordPress. Di bawah ini akan dijelaskan tutorial atau cara export BlogSpot ke WordPress dengan mudah. Secara umum, caranya ada dua yaitu memindahkan dan mengalihkan traffic pengunjung. Nah, untuk penjelasan yang lebih lengkap, simak baik-baik tutorial di bawah ini.

Step 1: Memindahkan BlogSpot ke WordPress

Hal pertama yang dilakukan adalah masuk ke admin BlogSpot dan melakukan back up data. Nah, data itulah yang nanti akan disimpan lalu dipindahkan ke WordPress. Langkah-langkahnya seperti berikut ini:

  • Pertama, masuk ke admin BlogSpot
  • Kemudian masuk ke menu Setting dan klik sub menu Other
  • Selanjutnya, lakukan proses backup data dengan cara klik tombol Back up content pada daftar menu Import & back up, file yang di download akan muncul dalam format .xml

Hal kedua yaitu masuk ke admin WordPress untuk memasukkan atau import data ke WordPress. Caranya seperti berikut ini:

  • Pertama-tama, masuk ke admin WordPress

  • Di tampilan depan atau dashboard, pilih menu Tools lalu klik sub menu Import

  • Kemudian pada pilihan Blogger, klik Install Now

  • Setelah itu, tulisan Install Now akan berubah menjadi Run Importer,lalu klik Run Importer

  • Kemudian akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini, silahkan klik tombol Choose File dan pilih file dengan formal .xml yang sebelumnya sudah di download dari BlogSpot. Setelah selesai memilih file atau data yang akan di import langsung saja klik tombol Upload File and Import

Selesai lah sudah proses export atau pemindahan data dari BlogSpot ke WordPress. Data yang di export atau dipindahkan tadi antara lain seperti data user, post, komentar dan data-data lainnya. Namun, ada satu hal yang tidak bisa dipindahkan dengan back up data yaitu traffic pengunjung, karena traffic tersebut ditentukan oleh pengunjung itu sendiri.

Step 2: Mengalihkan Traffic Pengunjung

Nah, setelah selesai memindahkan data dari BlogSpot ke WordPress, langkah selanjutnya yaitu mengalihkan traffic pengunjung. Hal ini perlu dilakukan agar pengunjung Blog lama di BlogSpot mulai mengubah haluan ke WordPress sebagai platform blog baru Anda.

Solusi yang bisa ditawarkan adalah membuat redirection atau semacam pengalihan dari blog/website lama ke blog baru. Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan, namun yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan plugin. Plugin yang bisa dimanfaatkan juga bermacam-macam, namun salah satunya yaitu ‘Blogger to WordPress’ yang akan dibahas pada tutorial di bawah ini, yaitu:

  • Cari plugin ‘Blogger to WordPress’ melalui menu Plugin lalu klik sub menu Add New

  • Kemudian tuliskan ‘Blogger to WordPress’ pada Kotak Pencarian di kanan atas, maka akan muncul banyak pilihan plugin di bawah nya

  • Pilihlah salah satu plugin, kali ini coba pilih plugin ‘Blogger to WordPress’ dan klik tombol Install Now dan secara otomatis plugin akan masuk ke dalam WordPress Anda dan bisa digunakan

Setelah plugin berhasil di install pada blog atau website WordPress, selanjutnya yaitu proses konfigurasi template dari BlogSpot ke WordPress. Caranya seperti berikut ini:

  • Lalu kembali ke menu bar dan pilih menu Tools, klik plugin Blogger to WordPress Redirection

  • Selanjutnya masuk ke menu plugin dan klik tombol Start Configuration, di sini Anda akan diminta memilih domain blog yang akan dipindahkan. Klik tombol Get Code, maka Anda akan menerima template kode yang nantinya bisa dipasang pada blog atau website. Jika proses edit HTML nya sudah selesai, klik tombol Verify Configuration.

Berikut ini cara atau proses edit HTML di BlogSpot, antara lain:

  • Pertama, masuk kembali ke admin BlogSpot, lalu klik menu Theme dan scroll ke bawah lalu klik Revert to Classic Theme

Nah, setelah edit HTML selesai, barulah coba diklik tombol Verify Configuration pada plugin ‘Blogger to WordPress’ tadi. Hal ini dilakukan untuk melakukan pengecekan apakah fungsi redirection nya sudah bekerja dengan baik atau belum. Plugin tersebut selanjutnya akan menyediakan link ke blog lama atau BlogSpot. Link tersebut jika diklik akan mengarah ke blog baru Anda yaitu WordPress.

Itulah tutorial atau cara export blog BlogSpot ke WordPress dengan mudah dan tidak memerlukan waktu yang cukup lama. Cara ini juga mudah dipahami dan bisa langsung praktik karena sudah tersedia dengan gambar screenshot nya. Dengan begitu, blogger yang memulai karier blog nya dengan membangun Blog BlogSpot tidak perlu khawatir jika ingin pindah platform blog ke WordPress.