Cara mengatasi masalah Userman yang tidak menghitung statistik penggunaan kuota voucher Mikrotik

Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri, dimana saya sebagai penjual Voucher Hotpsot WiFi menggunakan Mikrotik sebagai server untuk manajemen kuotanya. Mungkin bagi para master-master Mikrotik hal seperti ini tidak menjadi masalah, tapi mengingat tidak ada artikel yang ditulis tentang bagaimana mengatasi masalah Userman yang tidak dapat menghitung statistic penggunaan kuota voucher pada mikrotik maka saya berinisiatif menulis artikel ini.

Saya menggunakan Userman dalam proses pembuatan Voucher, walaupun kata orang ada Mikhmon jauh lebih canggih untuk manajemen kuota dan lain-lain, tapi saya pribadi tetap merasa sangat nyaman menggunakan Userman yang simple sekali.

Jadi masalah yang saya alami adalah dimana Userman saya tidak dapat menampilkan statistik info pemakaian kuota para user yang telah dibuat. Misalnya saya menjual voucher 8GB dengan masa aktif 30 hari seharga Rp.25.000. Seharusnya dalam sehari ke sehari kuota 8GB tersebut semakin dipakai semakin berkurang dan jika kuota habis sebelum masa aktif habis maka voucher tidak dapat digunakan lagi. Tapi masalahnya userman saya tidak menghitung statistik penggunaan kuota, artinya kuota 8GB tidak pernah berkurang sampai masa aktif habis tetap 8GB, seolah kuota tersebut Unlimited, saya merasa sangat rugi sekali, karena pada user senang kuotanya tak habis-habis dan tetap 8GB. Padahal saya sudah membuat Profil dan Limitation dengan benar dan sesuai, tapi statistik penghitung kuota tidak berjalan sebagaimana mestinya. Saya baru tahu hal ini setelah saya menyadari bahwa beberapa pelanggan berkomentar bahwa mereka membeli voucher kuota 8GB tak habis-habis. Saya jadi sangsi dan akhirnya saya login ke Userman untuk melihat informasi user dan memang benar, statistik penggunaan kuota tidak ditampilkan sebagaimana pada gambar di bawah ini.

User Details pada Userman

Coba perhatikan gambar di atas, dimana pada kolom Total Upload Used, Total download Used, Uptime used serta Last used IP semuanya tidak tertampil sebagaimana seharusnya. Wajar saja kuota pada user tidak habis-habis dan tidak berkurang alias Unlimited.

Mengatasi Masalah Statistics Userman tidak tampil

Akhirnya saya browsing di google dan mengajukan pertanyaan di forum mikrotik di Facebook dan tak satupun yang dapat memberikan solusi untuk masalah ini. Saya sudah mencoba Clear database userman, mereset userman, mengatur ulang mikrotik saya dan hampir semua cara sudah saya lakukan, termasuk hard reset mikrotik saya. Saran saya: sebelum anda melakukan Hard reset mikrotik ada baiknya anda melakukan backup, termasuk backup userman supaya nanti bisa di restore seperti semula, kan kasian para user yang sudah membeli voucher tiba-tiba tidak bisa login karena “user not found”. Cara backup userman mikrotik banyak yang sudah menulisnya, silahkan browsing saja.

Ternyata masalahnya tidak serumit yang saya bayangkan dan tidak perlu buang-buang waktu, apalagi sampai Hard reset Mikrotik, sungguh keterlaluan rasanya ketika saya membayangkan betapa rumitnya saya mengatasi masalah ini sebelumnya.

Masalahnya cukup diselesaikan dengan mencentang (check) Accounting pada Radius Server melalui Userman seperti di bawah ini:

Pertama silahkan login ke Mikrotik anda. Lalu klik pada Menu IP > Hotspot > Pilih Tab Server Profil sampai tampil dialog Hotspot Server Profil lalu anda pilih di tab Radius seperti pada gambar di bawah ini:

Dialog Hotspot Server Profile

Silahkan Centang (check) pada Accounting dan akhiri dengan menekan tombol Apply. Setelah itu silahkan Reboot Mikrotik anda dengan klik pada Menu System > Reboot dan tunggu sampai selesai Reboot.

Jika anda melakukan prosesnya dengan benar, maka dapat dipastikan masalah Statistics user pada usermanager yang tidak tampil dapat diatasi dengan baik seperti pada gambar di bawah ini.

Statistik User Details

Nah itu tadi cara mengatasi Userman yang tidak bisa menghitung statistik penggunaan kuota pada Mikrotik. Semoga dapat membantu, jika ada tambahan silahkan berkomentar saja di bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *