Cara Mengatur Menu Profile pada Dashboard WordPress Anda

WordPress merupakan salah satu website blog yang banyak digunakan oleh pemula, karena penggunaannya maupun toolsnya yang sangat mudah dan juga cepat dipahami.

Saat pertama kali login Anda akan dihadapkan dengan dashboard wordpress. Tampilan awalnya tentu saja masih default, Anda bisa pelajari satu persatu dulu mengenai penempatan toolsnya. Kemudian jika sudah mengetahui tools dan berbagai fungsinya, Anda juga bisa mengatur atau mengubah posisi menu pada dashboard. Hal ini tentu saja untuk memudahkan Anda sebagai pengguna wordpress.

1. Tampilan Dasboard pada WordPress

Di sini ada beberapa tools utama yang perlu Anda ketahui, yaitu sebagai berikut :

1 : menu sidebar

2 : panel informasi

3 : panel add new

4 : area utama dashboard

5 : menu profile

Pada postingan sebelumnya, Saya sudah jelaskan satu per satu tentang menu-menu di atas. Kali ini Saya akan membahas lebih lanjut mengenai cara mengatur menu profile pada dashboard wordpress Anda. Simak penjelasan di bawah ini.

2. Pengaturan Tampilan Dashboard di Menu Profile

Menu profile ini akan membawa Anda ke pengaturan dan mengubah tampilan pada dashboard. Silahkan arahkan kursor ke ‘howdy, (nama Anda)’. Lalu klik pilihan ‘edit my profile’.

Selanjutnya masuk ke pengaturan, mari Kita bahas satu per satu.

  • Personal Options

Anda dapat mengubah tampilan warna pada wordpress pada pengaturan admin color scheme, semacam tema dan ada beberapa pilihan. Selain itu juga ada pengaturan visual editor, syntax highlighting, keyboard sorthcuts dan toolbar. Seperti gambar di bawah ini.

Anda juga dapat memilih pengaturan bahasa menggunakan english atau bahasa indonesia.

  • Name

Anda dapat mengatur tampilan nama Anda, isi first name dan last name, pilih nickname, lalu pada display name publicly as Anda bisa memilih beberapa nama yang disediakan oleh wordpress.

  • Contact Info

Anda dapat menambah info mengenai email, website, google+, twitter maupun facebook Anda. Tinggal masukkan saja link nya, maka otomatis akan nge-link ke akun Anda.

  • About Yourself

Anda dapat menambahkan biographical info yaitu semacam kata pengantar yang menjelaskan bagaimana diri Anda, atau bisa Anda kosongi jika tidak ingin. Anda juga bisa mengganti profile picture.

  • Account Management

Anda dapat mengatur password dan sessions.

Setelah selesai melakukan pengaturan, klik update profile untuk menyimpan pengaturan baru Anda. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba.