Cara Mengelola User pada WordPress

Jika Anda pemilik web atau blog, bukan berarti Anda yang harus melakukan semuanya. Semuanya dalam hal ini melakukan pengaturan tema, menu, isi konten, dan mengelolaan konten itu sendiri. Jika masih baru memulai mungkin Anda punya cukup waktu untuk mengatur semuanya secara mandiri. Namun, bayangkan jika web atau blog Anda sudah semakin besar dengan kontennya yang beragam dan perlu dikategorikan. Belum lagi jika banyak komentar yang tidak terarah, Anda perlu banyak waktu untuk mengaturnya satu per satu.

Tapi tenang saja, Anda tidak sendirian. Sebuah web pasti memiliki pengaturan yang canggih untuk digunakan oleh beberapa user dengan kepentingan yang berbeda-beda. Misalnya Anda sebagai owner, Anda bisa memegang penuh kendali atas semua yang terjadi pada web Anda. Tapi bukan berarti Anda harus melakukan semuanya sendiri. Anda bisa menambahkan user sebagai writer atau penulis, beri mereka pekerjaan untuk mengisi konten Anda agar selalu up to date. Atau Anda juga bisa menambahkan user dan beri tugas khusus untuk memfilter komentar-komentar negatif.

Yang perlu dilakukan hanyalah pengelolaan user yang baik. Saya akan tunjukkan caranya, seperti di bawah ini

1. Menambah User

Untuk menambah user, arahkan kursor pada menu bar sebelah kiri pilihan users, lalu klik add new. Seperti berikut ini.

Setelah itu, akan muncul tampilan seperti berikut. Silahkan di isi formatnya, Anda bisa menambahkan user dengan tugas masing-masing. Ada berbagai pilihan seperti kontributor, editor, author, administrator, dan lainnya. Lalu klik add new user.

 

2. Mengelola User

Untuk mengelola user pada wordpress, pilih menu users atau klik all users. Seeprti di bawah ini.

Setelah itu, akan muncul tampilan seperti berikut.

Di sini Anda dapat mengatur users pada wordpress Anda. Anda juga bisa klik add new untuk tambah user baru. Ada menu pengaturan dan tipe user seperti administrator, keymaster dan lainnya. di sebelah kanan atas ada kolo search. Anda bisa melakukan edit, delete atau view pada setiap user.

 

Baiklah, itu tadi cara mengelola user pada wordpress Anda agar lebih mudah melakukan pekerjaan Anda yang lain dan web atau blog Anda tetap berjalan lancar. Selamat mencoba, semoga berhasil 🙂