Cara Menginstall Plugin Melalui Dashboard WordPress

Salah satu yang membuat platform wordpress dipilih oleh banyak orang untuk website mereka yaitu karena wordpress menyediakan banyak sekali plugin yang bisa Anda manfaatkan secara gratis. Plugin itu sendiri bisa Anda gunakan untuk menambah variasi pada website Anda agar lebih bagus dan lebih fungsional.

Kali ini Saya akan tunjukkan bagaimana cara menginstall plugin melalui dashboard wordpress. Dan yang Saya coba adalah plugin contact from 7. Plugin ini merupakan salah satu plugin yang harus Anda gunakan karena sangat bermanfaat, fungsinya untuk memudahkan pengunjung melihat dan mengunjungi profile contact Anda. Yuk simak penjelasannya.

1. Masuk ke Menu Plugins untuk Add New Plugin

Pertama, arahkan kursor Anda ke sidebar menu plugins. Lalu klik pilihan ‘add new’. Seperti pada gambar berikut ini.

Selanjutnya, Anda akan masuk ke dashboard plugins. Seperti berikut ini.

Di sana ada banyak sekali pilihan plugin yang dapat digunakan pada website Anda secara gratis.

2. Cari Plugin yang Anda Inginkan

Setelah itu carilah plugin yang Anda inginkan, scroll ke bawah untuk melihat lebih banyak plugin. Atau jika Anda sudah tahu plugin yang Anda inginkan, langsung saja ketikkan pada kolom pencarian lalu tekan enter seperti berikut ini.

Selanjutnya akan muncul plugin yang Anda cari beserta plugin-plugin lain yang hampir sama dari segi nama atau fungsinya.

3. Install Plugin

Setelah menemuka plugin yang Anda cari, Anda bisa langsung install melalui tombol install now yang ada di kanan atas plugin tersebut. Klik saja untuk install maka akan otomatis terinstall ke wordpress dan bisa Anda gunakan secara gratis.

Atau jika Anda ingin mengetahui lebih jelas mengenai plugin tersebut klik more detail di bagian bawahnya install now.

Seperti itulah cara menginstall plugin melalui dashboard wordpress. Caranya cukup mudah dan cepat. Anda bisa menginstall plugin lainnya juga. Tapi jangan pakai semua ya, gunakan plugin yang benar-benar dibutuhkan untuk website Anda. Perhatikan fungsi dari masing-masing plugin yang disediakan wordpress. Selamat mencoba, semoga berhasil:)