Cukup Mudah Mengatur dan Modifikasi Tema WordPress

Tema atau tampilan wordpress juga memiliki pengaruh besar pada website Anda. Jika tampilannya tidak bagus dan tidak nyaman dipandang maka pengunjung akan malas mengunjungi website Anda. Atau jika tema/theme yang Anda pakai merupakan tema default, tidak ada ciri khas yang dapat memberi viewer experience sehingga pengunjung mungkin akan lupa dengan website Anda dan tidak mengunjunginya lagi.

Untuk itu, Anda perlu mengatur atau memodifikasi tema bawaan dari wordpress, lebih bagus lagi jika Anda mempunyai uang lebih untuk membeli tema khusus untuk website Anda. Namun, kali ini Saya akan bagikan cara untuk mengatur tema default atau bawaan dari wordpress.

1. Pengaturan Tema pada WordPress

Tema pada wordpress sebenarnya sudah disediakan berupa tema default atau bawaan. Tetapi, Anda juga bisa melakukan pengaturan pada tema tersebut. Caranya, arahkan kursor ke menu appearance lalu klik themes

Beberapa yang dapat Anda atur pada tema wordpress :

  • Image, Anda bisa mengubah foto yang ingin Anda tampilkan pada tema wordpress
  • Font, setiap tulisan bisa Anda ubah font-nya

2. Cara Mudah Mengatur dan Modifikasi Tema WordPress

Pada tampilan menu themes, Anda dapat menambahkan tema sesuai selera. Bisa dari wordpress/default atau bisa download dari website penyedia tema wordpress.

Cara menambahkan tema, langsung saja klik add new di bagian atas atau klik add new theme dengan ikon tanda plus (+). Sedangkan untuk melakukan pengaturan atau modifikasi pada tema Anda yang aktif atau sedang digunakan, klik pilihan customize. Perhatikan gambar berikut ini.

Setelah Anda klik customize, akan muncul tampilan di bawah ini.

Mengatur tema wordpress sebenarnya sangat mudah. Coba perhatikan tampilan di atas. Sebelah kiri merupakan sidebar untuk mengubah pengaturan antara lain general, header, blog, footer, menus, widgets, homepages dan lain-lain. Bisa Anda coba satu per satu dan untuk melihat perubahan atau previewnya ada di kolom sebelah kiri.

Selain itu, di bagian kiri bawah terdapat panel agar Anda bisa melihat tampilan yang berbeda di komputer, ipad, maupun smartphone.

Itulah cara mengatur dan modifikasi tema pada wordpress, cukup mudah bukan? Selamat mencoba, semoga berhasil 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *