Ingin Buat Custom Login di WordPress? Begini Caranya.

Saat pertama kali masuk ke wordpress, Anda akan diminta login atau masuk dengan username dan password alias kata sandi yang sudah Anda buat sebelumnya. Umumnya tampilan default halaman login pada wordpress sangat sederhana dan monoton, background polos dan tidak ada gambar seperti di bawah ini.

Tahukah Anda bahwa sebenarnya tampilan tersebut bisa Anda ubah? Jika Anda bosan dengan tampilannya yang sangat sederhana dan monoton, Anda bisa membuat custom login sesuai keinginan Anda. Atau bisa juga disesuaikan dengan tema website atau blog milik Anda.

Pentingnya Membuat Custom Login pada WordPress

Sebelum membahas mengenai cara membuat custom login, Berikut Saya jabarkan beberapa alasan pentingnya membuat custom login pada wordpress. Di antaranya sebagai berikut :

1. Sebagai Branding Website

Halaman login wordpress merupakan halaman yang ertama muncul saat Anda atau penulis Anda akan masuk ke wordpress. Selain hanya sebagai halaman login, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk membangun branding website. Jadi, halaman loginnya bisa Anda custom sesuai tema website Anda.

Dengan begitu, penulis atau klien akan lebih mudah mengenal website Anda sehingga bisa menarik perhatian mereka juga untuk tetap berbisnis dengan Anda.

2. Membantu Trafik Website Lebih Stabil

Trafik bukan melulu soal pengunjung yang banyak. Ada banyak pula hal lain yang mempengaruhi stabillitas trafik sebuah website. Misalnya jika website Anda banyak pengunjung tapi komentarnya banyak spam, maka trafiknya akan menurun atau buruk. Nah, hal ini bisa jadi disebabkan karena website Anda sangat standar sama dengan website-website lainnya, sehingga mudah sekali di retas.

Untuk itu, perlu juga membuat custom login agar website Anda memiliki ciri khas atau tema tertentu sehingga tidak mudah di retas atau dilacak oleh hacker. Efeknya, trafik Anda akan lebih stabil.

3. Sebagai Media Tambahan

Selain sebagai halaman login, Anda sebenarnya juga bisa menambahkan beberapa media seperti background atau gambar, dan atau informasi-informasi lainnya. Informasi di sini bisa dimanfaatkan sebagai media informasi bagi para penulis website Anda.

Selanjutnya Saya akan jelaskan bagaimana cara untuk mengganti tampilan login atan membuat custom login pada wordpress. Simak baik-baik ya.

Membuat Custom Login pada WordPress

Membuat custom login dapat dilakukan secara manual menggunakan kode tertentu. Namun, hal ini tidak Saya sarankan karena dapat menimbulkan error dan mempengaruhi file pada wordpress Anda.

Saya lebih sarankan Anda untuk menggunakan bantuan plugin untuk membuat custom login sesuai keinginan Anda. Ada banyak sekali pilihan plugin custom login yang bisa Anda install pada wordpress. Di antaranya sebagai berikut :

1. Plugin LoginPress

Merupakan salah satu plugin custom login gratis yang lengkap dapat mengganti background, tata letak login, dan bahkan dapat kostumisasi alert seperti salah password, lupa password atau login eror. Disediakan pula versi berbayar dengan tambahan CAPTCHA agar website lebih aman.

2. Plugin Erident Custom Login and Dashboard

Plugin custom login di atas juga bisa Anda dapatkan gratis. Tema dashboard yang ditawarkan lebih variatif. Anda bisa mengubah background, warna, logo dan lainnya dengan mudah.

3. Plugin Social login

Plugin social login ini selain dapat membuat custom login, juga mengizinkan pengunjung berkomentar menggunakan berbagai macam media social seperti facebook, twitter, linkedin dan lain sebagainya.

Nah, itulah penjelasan yang bisa Saya sampaikan mengenai Custom Login. Jangan lupa untuk meembuat custom login versi Anda pribadi. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *