Lakukan 66 cara ini untuk menghemat uang anda

Dunia mengalami krisis keuangan yang serius. Banyak orang telah kehilangan pekerjaan mereka karena itu. Untuk bertahan hidup, Anda perlu untuk menyimpan dan menghemat uang.  Pada dasarnya Anda dapat menyimpan uang dengan cara mengurangi kenyamanan Anda. Kenyamanan bisa berarti uang. Tetapi ada juga trik lainnya untuk menghemat uang. Dalam artikel yang berjudul – lakukan 66 cara ini untuk menghemat uang anda – saya akan membahas bagaimana cara anda menghemat keuangan berdasarkan cara anda bekerja sehari-hari:

Jika anda pekerja yang menggunakan PC maka:

  1. Mengaktifkan Screen Saver pada PC sebenarnya tidak mengurangi konsumsi energi. Sebaiknya anda mengaktifkan mode Otomatis beralih ke mode tidur tidur atau hibernate.  Tindakan ini sangat penting saat anda meninggalkan PC anda dalam keadaan menyala, supaya PC anda berubah ke mode tidur secara otomatis, jadi akan mengurangi jam kerja PC anda dan kerusakan (seandainya nanti) bisa ditunda, jadi anda tidak cepat mengeluarkan uang untuk mengganti PC baru.

    Lakukan 66 cara ini untuk menghemat uang anda
    Sumber gambar: https://bit.ly/2EFPXgv
  2. Pertimbangkan membeli sebuah laptop. Laptop menggunakan lebih sedikit energi daripada komputer desktop. Jadi tagihan PLN anda dijamin akan sedikit berkurang, dan uang anda pun hemat.
  3. Jika anda pengguna PC dengan Monitor CRT pertimbangkanlah membeli Monitor LCD. Konsumsi energi pada LCD monitor jauh lebih sedikit ketimbang CRT Monitor.  Lagi-lagi tagihan PLN anda semakin kecil.
  4. Gunakan perangkat lunak open source seperti sistem operasi Linux dan Open Office, karena ini gratis tidak seperti anda membeli Sistem Operasi Windows yang lisensinya di atas 1 juta belum lagi aplikasi Microsoft office yang harganya juga di atas 1 jutaan. Lama-lama anda akan familiar dengan system operasi open source ini.  Atau anda bisa memakai system operasi Windows versi bajakan (tapi bersiaplah seandainya nanti kena denda oleh Microsoft, tidak menutup kemungkinan).
  5. Upgrade PC yang ada daripada membeli yang baru. Biasanya lebih murah untuk meng-upgrade. Tetapi jika komputer Anda sudah sangat tua, Anda perlu membeli yang baru.

Perhatikan penggunaan Peralatan-peralatan di rumah anda

  1. Memaintenance perangkat listrik yang bersifat Pemanas seperti Setrika, Rice cocker dan Dispenser karena alat-alat ini mengkonsumsi terlalu banyak listrik.
  2. Mematikan lampu jika tidak digunakan.
  3. Gunakan lampu hemat energi, lampu LED adalah jenis lampu terhemat saat ini dengan konsumsi Watt kecil tapi efisiensi penerangan yang cukup. Walaupun harganya lebih mahal dari lampu pijar biasa, tapi anda cukup sekali saja membeli lampu untuk 1 sampai 2 tahun ke depan, ketimbang anda membeli lampu pijar dengan watt besar dan harga murah tapi mudah rusak dan anda berkali-kali mengeluarkan dana dalam 1 2 tahun hanya untuk lampu saja. Jika anda menggunakan AC di rumah
  4. Lakukan 66 cara ini untuk menghemat uang anda
    Sumber gambar: https://bit.ly/2AcvnQP

    sebaiknya anda membersihkan filter udara AC Anda. Saringan udara yang kotor dapat mengurangi aliran udara, dan menyebabkan AC bekerja lebih keras dari seharusnya dan menggunakan lebih banyak energi.

  5. Jika anda memiliki pemanas air untuk mandi sebaiknya anda mempertimbangkan untuk mennggunakan solar power atau pemanas tenaga surya untuk untuk memanaskan air.
  6. Jika anda memasak memakai kompor gas sebaiknya anda membeli peralatan gas yang baik yang menghasilkan api biru. Hal ini menunjukkan bahwa gas terbakar secara efisien, lebih panas, lebih cepat masak, lebih hemat.
  7. Matikan dan cabut steker peralatan elektronik Anda seperti TV dan komputer ketika tidak di gunakan. Perhatikan, bahwa mematikan saja tidak cukup, anda harus mencabut stekernya dari listrik, karena jika masih tetap terhubung ke listrik peralatan tersebut tetap mengkonsumsi daya listrik.
  8. Melakukan audit penggunaan energi di rumah anda, ini gratis karena anda sendiri yang melakukan audit. Anda bisa mengukur kemampuan ekonomi anda dan mempertimbangkan antara pemasukan dan pengeluaran bulanan. Jangan berpikir hanya usaha-usaha perkantoran besar saja yang perlu melakukan audit, dalam rumah tangga pun tidak ada salahnya melakukan audit.
  9. Mengurangi pemakaian AC dengan membuat jendela di kamar rumah anda, gunakan AC hanya jika cuaca dirasa sangat panas.

Atur cara anda menggunakan alat Transportasi

  1. Anda dapat mempertimbangkan menggunakan sepeda untuk pergi ke tempat anda bekerja, atau jika menggunakan sepeda motor ataupun mobil anda harus focus pada tujuan anda melalui rute terdekat, menggunakan mode ekonomi pada kendaraan anda adalah pilihan terbaik.
  2. Periksa mesin dan ban kendaraan anda secara berkala, gantilah oli tepat waktu, pastikan tangki bensin selalu penuh agar tidak mudah berkarat.
  3. Menghindari jam sibuk lalu lintas sebanyak mungkin. Berhenti di jalanan yang sibuk dapat membakar banyak bahan bakar.

    Lakukan 66 cara ini untuk menghemat uang anda
    Sumber gambar: https://bit.ly/2SdpWrZ
  4. Menyetirlah pada kecepatan konstan untuk menghemat bensin.
  5. menjaga lampu mobil Anda. mengeluarkan item yang tidak perlu dari mobil Anda. Berat item membuat mobil yang bekerja lebih keras.
  6. Jika anda memiliki teman dekat yang sekantor dengan anda pikirkanlah untuk bergantian dalam menggunakan kendaraan. Jika anda dan teman sekantor anda sama-sama menggunakan mobil, anda bisa semobil dengan teman anda dan sebaliknya, jadi mobil anda tidak perlu keluar setiap hari.
  7. memperbaiki mobil Anda pada bengkel yang baik dengan mekanik yang terampil. Jika tidak benar-benar diperbaiki oleh ahli, Anda mungkin akan membayar lebih untuk suku cadang yang rusak di masa depan.
  8. Mempertimbangkan untuk membeli bahan bakar
  9. Belilah bahan bakar di SPBU karena harganya lebih murah dari pada di Kios-kios BBM.
  10. Sebaiknya gunakan mobil dengan transmisi manual, karena mobil dengan transmisi otomatis sedikit lebih boros.
  11. Gantilah filter udara setiap tiga bulan sekali atau setiap 3,000 mil atau sebagaimana ditentukan dalam buku manual pemilik.

Ingat ya, jangan lupa Lakukan 66 cara ini untuk menghemat uang anda

Jika anda memakai Kartu kredit 

  1. Pastikan anda membayar tepat waktu, jika tidak tepat waktu anda harus menambah pembayaran dengan biaya denda.
  2. Jangan menggunakan kartu kredit lebih dari kemampuan anda membayar tagihan
  3. Lakukan 66 cara ini untuk menghemat uang anda
    Sumber gambar: https://bit.ly/2ScpLNp

    Pikirkan mana lebih baik antara memakai kartu kredit atau tidak memakai kartu kredit.

  4. Jika memungkinkan isilah saldo anda sampai penuh setiap bulan sehingga penggunaan kredit dapat dikurangi.
  5. Pikirkan untuk berhenti menggunakan kartu kredit karena Anda dapat mengeluarkan terlalu banyak uang jika Anda mendapatkan uang dari rekening kredit.
  6. Sebisanya hindari menggunakan kartu kredit. Kecuali itu adalah pilihan terakhir dan tidak ada pilihan lain. Kartu kredit memiliki bunga cukup besar.

Penting nih, atur cara anda Berbelanja

  1. Sebelum berbelanja buatlah daftar belanja Anda dan tetap konsistenlah dengan daftar itu.
  2. Jangan membeli barang-barang bermerek, belilah produk yang lebih murah dengan kualitas yang sama.
  3. Belilah dalam jumlah besar bila memungkinkan membeli dalam jumlah besar biasanya lebih murah, anda dapat menyimpan barang belanjaan anda dalam waktu yang lebih lama.
  4. Sedapat mungkin belilah produk-produk generik. Memang ada banyak produk berlabel pribadi saat ini. Beberapa toko akan membuat produk mereka sendiri menggunakan merek mereka sendiri karena hal ini lebih murah dan mereka tidak menghabiskan banyak uang untuk iklan.

    Lakukan 66 cara ini untuk menghemat uang anda
    Sumber gambar: https://bit.ly/2EClqz9
  5. Selalu membandingkan harga dan spesifikasi produk ketika Anda perlu untuk membeli barang-barang mahal.
  6. Berbelanja di toko online. Pertimbangkan juga untuk berbelanja secara online, umunya harganya lebih murah ketimbang berbelanja di toko secara offline karena perusahaan toko online tidak membayar sewa atau kontrak. Namun anda harus mempertimbangkan ongkos pengiriman jika berbelanja secara online. Ada banyak took online terpercaya dan terkenal di Indonesia, diantaranya bukalapak, Tokopedia, www.shoope.com, Dinomarket, Bhinneka, dan lain-lain. Oya sebelum lanjutkan membaca, kamu juga bisa baca artikel ini Jasa buat toko online
  7. Jika ada gunakan kupon untuk berbelanja.

Jangan lupakan yang satu ini, Kesehatan Anda

  1. Jika Anda sakit belilah obat generik. Obat generik pada dasarnya sama seperti yang bermerek dengan bahan yang kualitas.
  2. Jika anda perokok sebaiknya berhenti merokok atau mengurangi Rokok.
  3. Jika anda mengkonsumsi alcohol sebaiknya anda berhenti minum atau mengurangi konsumsi alkohol.
  4. Jangan pergi ke pusat kebugaran. Anda dapat berolahraga dengan berjalan atau jogging atau naik sepeda.
  5. Tetaplah jaga kesehatan. Makan dengan baik dan istirahat dengan baik. Jangan minum alcohol atau merokok.
  6. Mengurangi berat badan Anda. Kelebihan berat biasanya jadi adalah sumber dari berbagai penyakit.

    Lakukan 66 cara ini untuk menghemat uang anda
    Sumber gambar: https://bit.ly/2GAKvNA
  7. Berpartisipasi dalam asuransi kesehatan Anda. Membeli polis asuransi memang tidak murah, tapi dengan memiliki polis asuransi anda bisa lebih lega seandainya anda tiba-tiba mengalami sakit berat dengan biaya mahal karena pada umumnya perusahaan asuransi akan menanggung biaya pengobatan tersebut. Selain itu dengan memiliki polis asuransi anda sedang menabung sejumlah uang untuk masa yang cukup lama ke depan.

Oya gak ada salahnya jika kita mengatur sesuatu yang bersifat Hiburan di rumah kita

  1. Jika anda berlangganan TV berbayar gunakan sesuai yang Anda butuhkan saja. Pilih paket yang lebih kecil.
  2. Saat pergi ke Bioskop sebaiknya anda tidak membeli popcorn dan minuman karena harganya sangat mahal.
  3. Sebaiknya anda menyewa film dan tidak perlu pergi ke teater.
  4. Pilihlah sesuatu yang lebih murah tapi menyenangkan.
  5. Lakukan 66 cara ini untuk menghemat uang anda
    Sumber gambar: http://bit.ly/2QIEnaQ

    hiburan seperti hiking, piknik, Memancing atau berkemah dapat anda pertimbangkan.

Nah ini nih kadang diabaikan, yaitu pengaturan Makanan dan minuman

  1. Masaklah di rumah sesering yang Anda bisa. Dengan tidak makan di Restoran, warung dan lain-lain Anda dapat menghemat banyak.
  2. Mungkin tidak masalah seandainya anda membawa makan siang dari rumah.
  3. Hindari minum kopi di warung atau café-cafe. Di beberapa tempat, Anda perlu membayar banyak hanya untuk kopi saja.
  4. Mengambil keuntungan dari promosi, seperti membeli satu mendapatkan satu penawaran gratis.
  5. Pertimbangkan untuk membuat roti atau jajanan sendiri. Anda dapat menemukan banyak resep di internet.

Nggak kalah penting buat kamu yang suka melakukan Perjalanan dan bepergian

  1. Booking tiket pesawat dan hotel Anda setidaknya satu bulan sebelum rencana keberangkatan anda. Umumnya membooking lebih awal biayanya lebih murah ketimbang membeli 1 atau 2 hari sebelum keberangkatan anda.
  2. Jika anda di kamar hotel jangan gunakan telepon hotel untuk panggilan jarak jauh biasanya biayanya sangat mahal.
  3. Temukan tarif kamar di Internet yang lebih murah.
  4. Gunakan penginapan kecil dan murah tapi memadai ketimbang sebuah hotel besar yang mahal.
  5. Membeli tiket pesawat pada menit-menit terakhir menjelang keberangkatan biasanya bisa lebih murah. Maskapai biasanya belum mencapai target jumlah penumpang, sehingga membuka harga tiket lebih rendah dari biasanya.

    Lakukan 66 cara ini untuk menghemat uang anda
    Sumber gambar: http://bit.ly/2LtZwQ5
  6. Selalu ingat kondisi keuangan di kantong perbendaharaan Anda.
  7. Jangan membeli lotre, undian, togel dan sejenisnya. Kemungkinan menang sangat rendah.
  8. menerapkan pengetahuan akademis yang pernah anda dapatkan tentang cara mengelola keuangan yang baik.
  9. bayarlah kredit bank anda tepat waktu sehingga reputasi anda dapat dipertimbangkan oleh bank untuk memiliki pinjaman dengan bunga rendah.

Tambahan-tambahan

  1. Jika ada belilah buku bekas yang lebih murah, karena isinya sama saja dengan buku baru.
  2. Jangan membeli barang-barang yang tidak perlu.
  3. Meminjam buku dari perpustakaan daripada membeli.
  4. Juallah barang-barang yang tidak terpakai dari pada memenuhi gudang dan garasi anda sebaiknya diuangkan.

Nah itu tadi caranya menghemat keuangan kamu dengan me- lakukan 66 cara ini untuk menghemat uang anda dalam menghadapi krisis keuangan di masa-masa sekarang maupun masa-masa yang akan datang.  Tentunya ada banyak cara menghemat keuangan yang tidak dapat disebutkan satu persatu dalam artikel ini, namun anda dapat menambahkannya pada kolom komentar.  Semoga bermafaat. (HK).

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *