Membuat Menu Navigasi pada WordPress

Pada menu wordpress, tampilan website atau blog dapat Anda atur sendiri sesuai dengan keinginan Anda. Menu ini umumnya memberi pilihan info-info penting yang letakkan ada di bagian atas memanjang ke kanan.

Sebenarnya, Anda diberikan banyak pilihan tema dengan pengaturan default. Tetapi untuk memodifikasi website Anda, perlu dilakukan pengaturan agar website Anda lebih tertata dan digemari pengunjung. Kali ini Saya akan coba jelaskan beberapa hal yang harus Anda ketahui dari menu navigasi.

1. Manfaat Menu Navigasi

Menu ini berada di bagian atas tampilan website/blog Anda. Umumnya pilihan menunya seperti home, profile, dan lainnya. Menu ini semacam menu utama yang digunakan untuk melihat konten seperti apakah yang di share di website tersebut. Tampilannya Seperti dibawah ini.

Manfaat menu navigasi adalah untuk memudahkan pengunjung untuk melakukan pencarian terhadap satu topik tertentu. Hal ini juga memudahkan untuk membuat kategori sehingga postingan lebih tertata. Pilihan menu yang ada di menu navigasi biasanya yang sifatnya penting atau utama seeprti home, artikel, profile, dan lainnya.

2. Yang Harus Ada di Menu Navigasi

Karena fungsinya yang sangat penting, Anda perlu mengatur dengan baik pilihan menu pada menu navigasi. Berikut beberapa menu yang dianggap penting dan perlu ada di menu navigasi :

  • Homepage (halaman utama)
  • Blog (sesuai kategori)
  • Profile (profile website)
  • Kontak/Sosial Media , dan hal lain yang menurut Anda penting

3. Cara Mengatur Menu Navigasi

Pertama-tama, silahkan arahkan kursor ke pilihan ‘appearance’, kemudian klik pilihan ‘menus’. Seperti gambar di bawah ini.

Selanjutnya, Anda akan dibawa ke pengaturan menu seperti berikut ini.

Pada menu ini Anda bisa mengatur dan menambah menu navigasi. Berikut penjelasannya :

1 : informasi pages, posts, custom links dan categories pada konten/postingan Anda

2 : Untuk menambah menu navigasi pada website Anda

3 : daftar menu navigasi yang ada di website Anda. ini juga bisa di atur, dipindah atau dihapus sesuai keinginan Anda

4 : Jika sudah melakukan perubahan pengaturan silahkan di save

Untuk point 3, berikut pilihan untuk pengaturan menu navigasi website Anda.

Itulah cara untuk menambah dan mengatur menu navigasi pada wordpress Anda. Selamat mencoba, dimanfaatkan dengan baik ya, semoga berhasil 🙂