Mengenal Peran dan Fungsi Level User pada WordPress

Pada WordPress terdapat sistem managemen level user yang memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Beberapa user memiliki akses penuh pada website atau blog Anda, sedangkan user yang lainnya hanya bisa akses terbatas.

Sebagai pemilik website atau blog pada wordpress, Anda seharusnya memahami menganai role user atau level user serta peran dan fungsinya masing-masing. Hal ini dikarenakan jika nantinya website Anda mulai berkembang, Anda tidak mungkin sempat mengelolanya seorang diri. Kemungkina besar Anda akan berkolaborasi dengan penulis atau klien lain untuk mengeloa website Anda.

Nah, di sinilah pentingnya menngetahui level user. Anda bisa dengan bijak memutuskan si klien akan memegang peran di level user yang mana.

Peran dan Fungsi Level User pada WordPress

Untuk menambahkan dan menempatkan posisi user Anda bisa klik menu users – add new. Kemudian Anda bisa pilih level usernya ingin ditempatkan sebagai apa, pilihannya seperti berikut ini.

Banyak sekali pilihan level user pada wordpress. Di sini Saya akan jelaskan 5 level user standar beserta peran dan fungsinya masing, di antaranya seperti berikut ini:

1. Administrator

Administrator memegang peran paling penting pada role user wordpress. Sebagai administrator, Anda dapat melakukan hampir semua aktvitas seperti menambah atau menghapus postingan, menginstall/menghapus tema dan plugin, dan lainnya.

Yang membuat administrator lebih spesial lagi yaitu karena hanya seorang administrator yang dapat menambah atau menghapus user, mengganti password mereka, dan lainnya. Administrator bisa dibilang sebagai pemilik utama website atau blog tersebut.

2. Editor

Seseorang yang berperan sebagai editor juga memiliki kontrol penuh terhadap isi atau konten postingannya. Editor dapat menambah, mengedit dan menghapus postingan yang ada, meskipun itu bukan tulisan editor itu sendiri.

Namun, editor tidak memiliki akses pada pengaturan tema atau plugin atau yang berhubungan dengn profil wordpress. Dan tentu saja tidak bisa melakukan penambahan user seperti administrator.

3. Author

Author dapat dikatakan sebagai anak atau turunan dari editor. Peran dan fungsinya juga sebagai penulis atau writer pada sebuah website atau blog. Author dapat menambah, mengedit, menerbitkan, ataupun menghapus artikel yang sudah terbit. Bedanya, Author tidak memiliki akses ke postingan orang lain. Jadi, author bisa menambah, mengedit atau menghapus artikel atau postingan yang dia buat sendiri saja.

Selain itu, author juga bisa menambahkan kategori yang ada. Tetapi, author tidak punya akses untuk menambahkan kategori baru. Hal itu bisa dilakukan oleh seorang editor. Author juga bisa melihat komentar artikel mereka, tetapi tidak bisa menyunting seperti menyetujui atau menghapus komentar tersebut.

4. Contributor

Contributor hampir sama dengan author, tetapi area kerjanya lebih sempit lagi. Contributor tidak bisa melakukan posting artikel mereka sendiri, juga tidak bisa menambahkan kategori baru, hanya bisa menambahkan kategori yang sudah ada.

Yang tidak menyenangkan lagi dari peran contributor yaitu mereka tdak bisa melakukan upload file seperti gambar, video atau yang lainnya. Jadi mereka hanya membuat artikel, selanjutnya author atau editor yang akan melanjutkan untuk melengkapi artike tresebut sebelum diposting. Namun, mereka masih bisa melihat komentar meski tidak bisa menyuntingnya.

5. Subcriber

Subcriber merupakan level user yang memiliki peran paling sedikit pada wordpress Anda, tetapi mereka juga memiliki peran penting untuk perkembangan website atau blog Anda.

Subcriber dapat melakukan login ke situs wordpress Anda dan memperbarui data profile mereka bahkan merubah password mereka juga. Tetapi, mereka tidak bisa mengakses bagian admin wordpress atau seperti menambah, mengedit, memposting dan menghapus postingan.

Namun, Anda juga bisa memberikan peraturan kepada subcriber Anda, misalnya sebelum membaca aau memerikan komentar mereka harus login terlebih dahulu, dan lain sebagainya.

Itulah kelima peran dan fungsi level user pada wordpress yang perlu Anda ketahui. Kelima peran ini merupakan peran standar atau dasar, selanjutnya masih ada beberapa level user yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *