Mengubah Setting Permalink pada WordPress

Sebelum membahas tata cara mengubah setting permalink pada wordpress, Anda perlu tahu tersebih dahulu apa itu permalink.

Permalink merupakan link URL pada website Anda yang muncul di setiap postingan yang Anda buat. Umumnya, saat Anda membuat postingan baru, wordpress secara otomatis akan membuat permalinknya sendiri. Jadi sebenarnya Anda tidak perlu repot-repot membuatnya.

Tetapi, untuk hasil yang lebih baik dan lebih mudah di pencarian, Anda juga bisa mengubah setting permalink pada wordpress. Yuk Kita pelajari caranya di bawah ini.

1. Permalink yang Baik

Setiap post yang Anda buat sudah ada permalinknya masing-masing. Tetapi, alangkah baiknya jika Anda mengubah dan mengatur permalink tersebut agar lebih baik. Berikut kriteria permalink yang baik, antara lain :

  • Singkat, padat dan jelas. Tidak perlu bertele-tele yang penting maksudnya bisa dipahami.
  • Informatif dan Deskriptif. Mendeskripsikan inti dari postingan Anda

Mempersingkat permalink juga berfungsi saat Anda ingin memperomosikan atau mengaitkan link tersebut, sehingga Anda tudak perlu membuka ulang semua postingan Anda satu per satu. Tujuannya supaya lebih mudah Anda ingat.

Selain itu, hal ini juga dapat memudahkan pengunjung atau pembaca. Terutama jika pembaca ingin merekomendasikan postingan Anda.

2. Mengubah Permalink Secara Struktural

Untuk mengatur atau mengubah struktur permalink, Anda bisa masuk ke menu settings – permalinks. Seperti gambar di bawah ini.

Selanjutnya Anda akan diarahkan ke dashboard permalinks. Di sana banyak pilihan untuk struktur permalink wordpress.

Anda bisa pilih salah satu yang mana yang Anda inginkan. Diantaranya ada plain, day and name, month and name, numeric, post name, dan custom structure yang bisa Anda atur sendiri structurenya. Kemudian langsung saja klik pilihan Anda lalu klik save changes.

3. Mengubah Permalink pada Setiap Post

Selain itu Anda juga bisa mengubah permalink langsung pada postingan. Perhatikan di bagian bawah judul postingan, klik edit dan ubah permalinknya. Cukup mudah kan.

Baiklah, itu tadi merupakan penjelasan singkat mengenai permalink dan cara mengubah setting permalink pada wordpress. Caranya cukup mudah untuk di pahami. Silahkan bisa Anda coba dan manfaatkan, semoga berhasil 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *