Plugin Jetpack WordPress yang Wajib di Install

Pengguna WordPress pasti familiar dengan plugin dan tidak mungkin tidak menggunakannya. Banyak sekali berbagai macam plugin yang bisa diaktifkan dengan fungsi yang bermacam-macam pula. Namun, ada beberapa plugin andalan yang selalu dipakai hampir oleh setiap pengguna WordPress karena fungsinya yang mendasar dan sangat dibutuhkan, salah satunya yaitu plugin jetpack.

Plugin Jetpack

Apa itu plugin Jetpack? Plugin jetpack merupakan salah satu plugin yang wajib dimiliki oleh pengguna wordpress karena fungsinya yang mencakup berbagai macam hal yaitu meningkatkan traffic blog atau website, menampilkan data statistik, mengamankan website atau blog Anda dan lain sebagainya.

Cukup menggunakan satu plugin Anda bisa mengatur wordpress Anda seperti menggunakan banyak plugin. Banyak sekali fitur yang ditawarkan oleh plugin Jetpack.

Selain itu, plugin jetpack juga mudah di pelajari oleh pengguna baru atau awam, mudah pula cara install dan setupnya. Oleh karena itu, plugin yang satu ini banyak disukai.

Cara Install Plugin Jetpack

Untuk menggunakan plugin jetpack Anda bisa menginstallnya di menu plugin. Seperti gambar di bawah ini.

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. klik menu plugin – pilih add new. Akan masuk ke menu pencarian plugin
  2. search plugin jetpack pada kolom pencarian di sebelah kanan atas. Ketik jetpack lalu tekan enter. Akan muncul hasil pencarian plugin yang Anda inginkan.
  3. Klik install now di kolom plugin sebelah kanan atas (pada gambar tertera update now karena sudah di install).

Fitur pada Plugin Jetpack

Untuk menu dan pengaturan jetpack bisa Anda klik di bawahnya dashboard. Dengan menggunakan plugin jetpack Anda mendapat banyak fitur, berikut di antaranya :

  • Fitur Data Statistik Pengunjung

Data statistik bisa Anda cek di menu jetpack – site stats. Anda dapat melihat data statistik pengunjung, halaman mana yang paling banyak dikunjungi dan lainnya. Sehingga Anda juga bisa mempertimbangkan artikel seperti apa yang disukai oleh pengunjung website atau blog Anda

  • Fitur Photon untuk Mempercepat Loading Gambar

Photon merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh jetpack. Dengan ini, loading gambar semakin cepat karena fitur ini menghemat bandwith Anda. Website yang cepat akan disukai oleh banyak pengunjung dan juga oleh google itu sendiri.

  • Fitur Artikel Terkait

Jadi saat pengunjung membuka suatu artikel, mereka akan di hadapkan dengan beberapa artikel terkait yang berhubungan dengan artikel yang sedang dibuka atau dibaca. Hal ini menjadikan pengunjung penasaran dan membaca artikel terkait lainnya dan semakin berlama-lama di website atau blog Anda.

  • Kolom Komentar yang Memudahkan Pengunjung

Biasanya, jika ingin berkomentar pada website atau blog Anda perlu masuk melalui email atau akun wordpress terlebih dahulu. Sehingga banyak pula pengunjung yan hanya membaca tapi malas berkomentar. Namun jetpack menyediakan fitur komentar yang lebih mudah tidak perlu email atau akun wordpress, Anda bisa komen hanya dengan facebook, twitter atau google plus.

  • Fitur Mobile Friendly Sehingga tidak Lemot atau Lambat

Membuka website atau blog pada perangkat mobile seperti handphone atau tablet bisa jadi lebih lama daripada membuakanya pada komputer atau laptop. Hal ini karena tampilannya memang berbeda, saat ditampilkan pada perangkat mobile cenderung lebih lambat atau lemot. Nah, jetpack menyediakan fitur mobile friendly agar saat website atau blog Anda dibuka di perangkat mobile, tampilannya akan lebih sederhana sehingga lebih ringan dan tidak lemot atau lambat.

  • Sharing Media Sosial

Jika menggunakan plugin jetpack, Anda tidak perlu menambahkan plugin lagi untuk menyediakan menu sharing ke media social seperti facebook, twitter dan lainnya.

  • Dilengkapi oleh fitur keamanan agar tidak mudah dibobol hacker.
  • Dapat memperbaiki ejaan atau grammar yang salah.
  • dan lain sebagainya.

Banyak sekali yang dapat Anda lakukan hanya dengan satu plugin ajaib ini yaitu plugin Jetpack. Saya rasa tidak ada alasan untuk tidak menggunakannya. Silahkan bisa Anda install dan manfaatkan fitur yang ada. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *