Update WordPress itu Penting Lho, Yuk Coba dengan Cara Manual ataupun Otomatis

Kenapa penting sekali meng-update atau upgrade versi WordPress lama Anda ke versi terbaru? Perlu  Amda ketahui bahwa setiap pembaharuan yang dilakukan oleh WordPress pasti bertujuan untuk menjadi lebih baik dari versi sebelumnya. Lebih aman atau protect, lebih cepat dan praktis, serta perbaikan bug dan lain-lain. Hal ini dilakukan agar pengguna atau penikmat WordPress semakin mudah dalam penggunaan sehingga puas dan tetap setia menggunakan WordPress. Sebagai pengguna WordPress, Anda tentunya ingin melakukan pekerjaan secepat dan sebaik mungkin. Untuk itu, penting sekali meng-update versi Wodpress Anda agar bisa memanfaatkan pembaharuan yang disediakan oleh WordPress itu sendiri.

Sedangkan untuk melakukan update itu sendiri Anda bisa coba dengan cara manual ataupun otomatis. Agar lebih mudah Saya sarankan gunakan saja cara otomatis sehingga Anda tidak perlu pusing memikirkan step atau langkah yang banyak. Tapi, untuk pengetahuan Anda juga perlu tahu bagaimana langkah update WordPress secara manual. Saya akan jelaskan satu per satu dan Anda bisa pilih sesuai kebutuhan. Simak penjelasan berikut dengan seksama.

1. Cara Update WordPress secara Otomatis

Namanya juga otomatis,pasti lebih cepat dan praktis daripada manual. Tapi semua ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Biasanya yang dilakukan secara otomatis bisa lebih cepat tapi tidak bisa melakukan pengaturan lebih lanjut atua sudah tersetting secara otomatis. Sedangkan yang dilakukan secara manual biasanya membutuhkan waktu lebih lama, tetapi lebih leluasa melakukan pengaturan sendiri. Silahkan bisa Anda pertimbangkan.

Untuk update WordPress secara otomatis Anda coba perhatikan di dashboard WordPress. Biasanya di bagan paling atas muncul notifikasi update. Anda bisa langsung klik maka secara otomatis akan ter-update, seperti berikut.

Atau Anda juga bisa memanfaatkan tambahan plugin yaitu Easy Updates manager. Plugin ini digunakan untuk mengatur pembaharuan/update versi terbaru pada wordpress Anda. Bisa add plugin seperti biasa dengan cara add plugin dan install. Berikut ini plugin yang dimaksud.

2. Cara Update WordPress secara Manual

Anda juga perlu menguasai cara update WordPress secara manual. Ada kalanya update secara otomatis mengalami kendala atau gagal dengan keterangan error dan lain sebagainya. Jika meneui hal tersebut Anda bisa emlakukan update secara manual. Anda bisa mengikuti langkah-langkah seperti di bawah ini.

  • Hal pertama yang dilakukan yaitu backup data Anda untuk antisipasi agar data tidak hilang jika terjadi error dan lain sebagainya.

  • Setelah itu, Anda bisa download WordPress versi terbaru, Saya sarankan download di website resmi. Kemudian, bisa Anda un-zip dan akan muncul beberapa sub-folder. Lalu, download FileZilla untuk membuka direktori root website.

  • Setelah membuka direktori root website, yang perlu dilakukan adalah menghapus folder wp-admin dan wp-includes, letaknya di direktori sebelah kanan. Langsung saja klik kanan-delete

  • Selanjutnya, Anda bisa unggah versi terbaru dari WordPress yang sebelumnya sudah Anda download. Filenya bisa Anda cari di direktori sebelah kiri. Lalu cari folder wp-admin dan wp-includes. Kemudian klik kanan lalu pilih upload, seperti gambar di bawah ini.

Silahkan ditunggu prosesnya. Jika berhasil, akan muncul notifikasi bahwa update telah berhasil dilakukan dan selanjutnya diperlukan update database. Kesimpulannya, Anda hanya perlu menganti folder wp-admin dan wp-includes ke versi terbaru yang sudah didownload sebelumnya.

Nah, itulah kedua cara update versi WordPress yang bisa Anda lakukan. Anda bisa menggunakan cara otomatis ataupun dengan cara manual. Silahkan Anda coba sendiri, semoga berhasil.