Yuk! Belajar Menggunakan Breadcrumbs

Jika belum terbiasa menulis atau bermain blog/website mungkin Anda akan asing dengan istilah Breadcrumbs dan bertanya-tanya bentuknya seperti apa dan untuk apa. Untuk itu, Saya akan berikan penjelasan atau gambaran dulu mengenai Breadcrumbs lalu Saya akan jelaskan cara menggunakannya.

1. Pengertian dan Fungsi Breadcrumbs pada Website

Breadcrumbs adalah sebuah struktur yang mengarah pada asal muasal suatu artikel. Misalnya artikel ‘Yuk! Belajar Menggunakan Breadcrumbs’ berada di tab home atau tab artikel pada website Anda. Breadcrumbs ini fungsinya yaitu sebagai navigasi suatu artikel. Seperti halnya saat Anda membuka suatu file pada explorer, di bagian atas akan ada semacam navigasi dari mana asal file tersebut. Seperti gambar di bawah ini.

Navigasi tersebut berfungsi untuk menunjukkan atau menginformasikan letak asal muasal file yang Anda buka. Selain itu, jika ingin kembali ke file sebelumnya (misal file deadline) Anda hanya perlu klik tab deadline pada navigasi tersebut. Memudahkan Anda untuk menuju ke tab sebelumnya. Breadcrumbs pada suatu wesbsite juga memiliki fungsi yang sama. Selain menginformasikan asal muasal artikel yang sedang di buka, Anda juga bisa klik dan menuju ke halaman yang dituju yang masih satu rangkaian dalam Breadcrumbs. Breadcrumbs pada website biasanya seperti di bawah ini.

Dapat dibilang bahwa Breadcrumbs merupakan navigasi kedua setelah menu utama pada halaman awal website. Bagaimana? Apakah Anda sudah mulai memahami mengenai Breadcrumbs? Saya rasa penjelasan atau gambaran di atas cukup jelas untuk dimengerti. Selanjutnya Saya akan jelaskan cara menggunakan Breadcrumbs pasa WordPress. Simak baik-baik ya.

2. Yuk! Belajar Menggunakan Breadcrumbs

Membuat Breadcrumbs pada Wordpres sebenarnya sangat mudah. Berikut Saya tunjukkan beberapa caranya, seeprti di bawah ini.

Cara Pertama : Menggunakan Plugin NavXT

Cara paling mudah, simple dan cepat tentu saja memanfaatkan plugin-plugin yang ada. Anda bisa mencari suatu plugin sesuai kebutuhan Anda lalu bisa langusng disematkan ke dalam wordpress, mudah sekali.

Salah satu plugin yang Saya rekomendasikan untuk membuat breadcrumbs adalah plugin NavXT. Untuk menggunakannya Anda bisa masuk ke menu Appearance – widgets, kemudian tarik saja widgets breadcrumbs NavXT menuju letak yang Anda inginkan .

Selain itu Anda juga bisa mengatur tampilan breadcrumbs trail yang diinginkan. Anda bisa atur pada menu Settings – Breadcrumbs NavXT seperti pada gambar di bawah ini.

Anda bisa memaksimalkan pengaturan pada menu di atas.

Cara Kedua : Menggunakan Fitur Yoast SEO

Anda juga bisa menggunakan fitur yang sudah ada pada plugin Yoast SEO. Plugin ini mampu menangani segala macam hal mengenai website SEO dan sebagainya agar tulisan Anda semakin berkualitas dan disukai pengunjung.

Plugin ini memiliki fitur yang berfungsi untuk mengoptimalkan snippet dan meta description yang fungsinya juga bisa digunakan sebagai breadcrumbs. Tampilan konten website Anda akan lebih menarik sehingga akan lebih banyak di klik oleh pengunjung.

Untuk menambahkan dan menggunakan breadcrumbs pada webstie, Anda harus meletakkan kode di bawah ini terlebih dahulu pada single.php, page.php dan header.php.

Kodenya seperti ni :

<?php
if ( function_exists(‘yoast_breadcrumb’) ) {
yoast_breadcrumb( ‘<p id=”breadcrumbs”>’,'</p>’ );
}
?>

Setelah itu masuk ke SEO – Search Appearance lalu pilih breadcrumbs dan klik enable pada breadcrumbs settings untuk mengaktifkannya.

Anda bisa melakukan settings atau pengaturan pada breadcrumbs dan lain sebagainya pada menu di atas.

Cara Ketiga : Menggunakan Tema yang Kompatibel

Selain kedua cara di atas, Anda juga bisa memanfaatkan tema yang kompatibel untuk menggunakan breadcrumbs pada wordpress Anda. Sebenarnya cara ini adalah yang paling simpel dan praktis karena Anda tidak perlu menambahkan plugin lagi. Tetapi Anda perlu mencari dan meginstall tema yang kompatibel dengan breadcrumbs.

Biasanya tema pada wordpress untuk ecommerce sudah banyak yang menggunakan breadcrumbs. Jadi saat Anda install dan gunakan tema tersebut, breadcrumbs otomatis aktif.

Tema yang bisa Anda gunakan yaitu :

  • Flat Some (ecommerce)
  • Shopkeeper (ecommerce)
  • Knowledge Base
  • Smart Mag

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan breadcrumbs pada wordpress. Silahkan bisa coba Anda praktekkan. Selamat mencoba.