Strategi Pengajaran Online yang Efektif

Strategi Pengajaran Online yang Efektif

Banyak dari kita harus pindah mengajar dengan cepat secara online (tips di sini jika Anda masih menyiapkan kursus Anda). Setelah teknologi Anda siap, tarik napas dalam-dalam. Mengajar online membutuhkan jenis interaksi yang berbeda dengan siswa. Kami telah menyederhanakan apa yang berhasil menjadi sembilan strategi berdasarkan penelitian yang akan membantu Anda dan siswa Anda meraih kesuksesan dalam kursus online baru Anda.

Ketahui teknologi

Strategi Pengajaran Online ini baru bagi semua orang, jadi bersiaplah untuk memecahkan masalah dan beri tahu siswa Anda bahwa Anda sedang mengerjakannya. Luangkan waktu untuk membiasakan diri dengan teknologi. Sebagian besar perusahaan sekarang menawarkan pelatihan tambahan.

Perjelas kepada siswa tentang ke mana mereka harus pergi untuk mendapatkan dukungan teknis (teknologi digital yang baik akan memiliki layanan dukungan). Buatlah informasi kontak tersedia, dan bersiaplah untuk mengarahkan siswa ke sana jika mereka mendatangi Anda.

Harapkan yang tidak terduga dan tetaplah fleksibel

Pada titik tertentu, teknologi akan gagal, apakah itu obrolan video yang tidak terhubung atau tugas dan/atau tautan sumber daya tidak berfungsi dengan benar. Memiliki rencana cadangan untuk semua tugas dan penilaian yang mengandalkan teknologi. Bersikaplah transparan dalam komunikasi Anda kepada siswa tentang kegagalan teknologi.

Misalnya, terapkan kebijakan yang menguraikan tindakan yang harus dilakukan siswa jika mereka tidak dapat mengirimkan tugas karena masalah teknis. Jangan takut untuk menyelesaikan tantangan teknis dalam waktu nyata, seperti selama diskusi sinkron atau kegiatan waktu nyata kolaboratif.

Ciptakan dan pertahankan kehadiran yang kuat

Kirim pesan ke semua siswa, melalui video jika memungkinkan, untuk menyambut mereka dalam pembelajaran online dan meyakinkan mereka. Gunakan obrolan video daripada pesan instan dasar saat berinteraksi dengan siswa.

Mintalah siswa berbicara dengan memulai diskusi di papan diskusi. Dan kemudian memberikan tanggapan yang cepat, teratur, dan terbuka terhadap pertanyaan. Gunakan komunikasi non-verbal seperti emoji. Lengkapi profil Anda dengan ciri-ciri profesional dan pribadi.

Bagaimana Strategi Pengajaran Online yang Efektif?

Tetapkan ekspektasi yang jelas untuk kursus tersebut

Pembelajaran online juga baru bagi siswa. Jelaskan kepada siswa bagaimana nilai mereka dalam kursus ini akan ditentukan sekarang (partisipasi sering kali merupakan porsi yang jauh lebih besar dari nilai tersebut daripada di kelas tatap muka). Tetapkan ekspektasi untuk waktu respons. Misalnya, jelaskan bahwa Anda akan membalas email dalam satu hari kerja.

Jika tidak siswa mungkin mengharapkan Anda menjawab email dalam beberapa jam, dan berhenti jika Anda tidak menjawab. Bagikan sumber daya untuk siswa tentang cara menjadi pelajar online. Kami punya satu dari mahasiswa dan dari profesor.

Membangun rasa nyaman dan mengembangkan komunitas peserta didik

Siswa mencari Anda untuk mengatur nada. Tunjukkan antusiasme dan kegembiraan tentang mengajar kursus untuk mengurangi ketakutan, kecemasan, dan isolasi. Manusiakan diri Anda dengan memposting video sambutan, biografi, foto yang menceritakan tentang apa yang Anda lakukan untuk menyibukkan diri selama isolasi sosial, tautan ke artikel berita atau klip video.

Imbaulah setiap siswa untuk mempersonalisasi beranda mereka dan meluangkan waktu berkeliling kelas.  Kemudian meminta siswa untuk berbagi informasi tentang apa yang telah mereka poskan. Menggabungkan pesan instan, kamera web, blog, dan vlog. Ajukan pertanyaan yang memberdayakan peserta. Untuk saling bertanya, dan menimbulkan diskusi yang kaya.

Mempromosikan refleksi dan komunikasi melalui diskusi asynchronous yang berkualitas

Kembali ke topik yang diposting yang belum sepenuhnya dibahas dan promosikan kontribusi dan refleksi. Pantau partisipasi dan hubungi siswa secara individu jika mereka tidak berpartisipasi, atau mengambil alih percakapan dan tidak mengizinkan kontribusi dari individu lain.

Memiliki keseimbangan yang baik antara pemimpin aktif dan pengamat aktif

Anda akan memulai kursus sebagai pengelola komunitas belajar. Saat kursus berlangsung, perlahan alihkan tanggung jawab kepada komunitas peserta didik. Langkah untuk membangun komunitas online pada poin diatas akan membantu hal ini. Anda juga harus secara bertahap menarik diri lebih jauh dari diskusi komunal. Itulah ulasan tentang Strategi Pengajaran Online yang efektif. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *