Video Conference dengan Plugin Bigbluebutton di Moodle

Video Conference dengan Plugin Bigbluebutton di Moodle – BigBlueButton Mendukung berbagi audio dan video VoIP, termasuk pointer, zoom dan gambar, berbagi desktop, dan FreeSWITCH dalam obrolan publik dan pribadi. Presentasi dengan fitur papan tulis tingkat lanjut seperti PDF dan dokumen Microsoft Office. Selain itu, pengguna dapat bergabung dalam rapat dari satu atau dua audiens menengah.

Video Conference
Video Conference

Publik memungkinkan pengguna mengakses obrolan suara dengan aplikasi Video Conference. Bagikan webcam Anda dapat mengangkat tangan dan berbicara dengan orang lain. Pengguna mediasi lebih cenderung memblokir atau memblokir orang lain. Aktif, Anda bisa memisahkan orang dari rapat dan menjadikannya penyaji saat ini. Presenter dapat mengontrol presentasi dengan mengupload slide.

Komponennya adalah open source, tetapi klien BigBlueButton. Plugin browser langsung untuk server BigBlueButton platform Adobe Flash. Dapat diinstal dari sumber daya Ubuntu atau paket menggunakan 64-bit Ubuntu 10.04 BigBlueButton. Dapat diunduh ke VMware Player sebagai mesin virtual (VM) yang dapat dimainkan di PC dan komputer Unix, dan server VMWare Fusion BigBlueButton.

Dapat juga berjalan di lingkungan cloud seperti Amazon EC2 dengan menginstal instance Ubuntu 10.04 64-bit. BigBlueButton, sering digunakan untuk pembelajaran jarak jauh melalui E-Learning, pertemuan/rapat melalui web conference dan seterusnya, karena BigBlueButton mendukung presentasi berupa format dokumen Microsoft Office maupun Open Office.

Selain itu penggunanya juga bisa berkonferensi dengan satu atau dua peranan, yaitu sebagai viewer atau sebagai moderator. Jika Anda menggunakan E-Learning Moodle, Anda bisa menambahkan aktivitas web conference ini pada course Anda untuk melakukan tatap muka secara virtual dengan menggunakan plugin BigBlueButton ini. Berikut langkah-langkah instalasinya :

Seperti apa Video Conference dengan Plugin Bigbluebutton di Moodle?

Melakukan Instalasi BigBlueButton Pada Moodle

  • Download-lah Plugin BigBlueButton di sini dan (pilihlah sesuai dengan versi Moodle Anda).
  • Extractlah mod_bigbluebuttonbn_moodle24_2012120100 tersebut pada folder moodle/mod.
  • Loginlah Administrator dan klik Menu Site Administration > Notifications.
  • Pada halaman Notifications, akan muncul plugin baru BigBlueButton, dan klik tombol Moodle upgrade. Dan tunggulah sebentarsampai muncul tampilan berikut :
  • Setelah sukses pilih tombol Continue.
  • Selanjutnya pada halaman New settings – BigBlueButtonBN, lakukan pengaturan untuk server BigBlueButton yang akan Anda gunakan dan masukkan security salt-nya. Atau mencobanya, biarkan seperti Defaultnya, dan klik Save changes.
  • Klik Register Your site untuk melakukan Registrasi situs ke moodle.org
  • Isilah data Anda pada form di halaman Register with Moodle.org
  • Jika sudah klik Register with moodle

Cara Menampilkan BigBlueButton Pada Daftar Activity Anda di Moodle

  • Klik Save.
  • Masuklah ke dalam course Anda.
  • Buatlah aktivitas baru dengan mengeklik Add an activity, dan pilihlah BigBlueButton.
  • Isilah formulir isian seperti biasanya ketika Anda membuat aktivitas baru di Moodle.
  • Jika sudah klik Save and return to course.

Untuk memulainya, klik Web Conference pada daftar aktivitas course Anda, dan tunggulah sebentar.. sistem sedang melakukan koneksi ke server BigBlueButton. Selanjutnya, jika ada tampilan Setting Adobe Flash Player, maka lakukan penyettingan berikut : (Jika tidak, langsung ke langkah 7 di bawah)

  • Buka Flash Player Anda (klik Start ketik Flash player)
  • Klik tab camera and microphone dan klik tombol Camera and microphone settings by site, maka akan muncul kotak dialog berikut :
  • Kik test-instal.blindnetworks, dan pilih Allow pada pilihan When selected site wants to use a camera or microphone.
  • Klik Close.
  • Lakukan hal yang sama pada tab Playback
  • Selanjutnya kembalilah ke halaman BigBlueButton dan Refresh-lah. Maka proses sebelumnya (koneksi ke server) akan diulang.

Dengan menggunakan BigBlueButton ini, Anda bisa melakukan video conference dengan lebih dari 20 siswa Anda dan sekaligus dapat mempresentasikan bahan ajar ataupun menuliskan pada papan tulis yang sudah disediakan oleh BigBlueButton. Perangkat lunak berbasis web Video Conference dapat dengan mudah digunakan dengan situs Moodle untuk membangun sistem manajemen pembelajaran virtual interaktif video langsung. Software Seminar Video Conference Online sangat bagus.

Untuk mempertemukan orang-orang yang jauh secara fisik dalam rapat , konferensi , pelatihan , acara langsung , pembinaan , perekrutan , konsultasi , dan tentu saja obrolan komunitas biasa. Edisi Video Conference ini terintegrasi ke dalam Moodle sebagai modul aktivitas sehingga ruang konferensi video dapat ditambahkan ke kursus sebagai aktivitas.

Kami merekomendasikan penggunaan ini dengan versi Moodle terbaru. Telah diuji dengan Moodle 2.0.1+. Semua kode integrasi modul php disediakan dengan kode sumber lengkap di bawah GPL (bebas digunakan dan diedit). Anda akan menemukan beberapa detail tentang aktivitas modul Moodle Video Conference di halaman dokumentasi ini: demo, cara menginstal.

Cara mengkonfigurasi, cara menggunakan , pengaturan aktivitas dan izin , cara menyesuaikan , cara menghapus/meningkatkan , semua plugin VideoWhisper untuk Moodle . Sebelum memasang, pastikan lingkungan hosting Anda memenuhi semua persyaratan . Selain persyaratan hosting web Moodle, aplikasi ini membutuhkan server media flash RTMP yang didukung (Red5, Wowza, Adobe).

Pengertian

BigBlueButton mendukung beberapa sharing audio dan video, presentasi dengan kemampuan papan tulis yang diperluas seperti pointer, zooming dan drawing chat publik dan pribadi, sharing desktop, VoIP terintegrasi menggunakan FreeSWITCH, dan dukungan untuk presentasi dokumen PDF. Pengguna dapat memasuki konferensi di salah satu dari dua peran: pemirsa atau moderator.

Apa Saja Aplikasi Video Conference dengan Plugin Bigbluebutton di Moodle?

Teknologi komunikasi data yang menghubungkan dua atau lebih tempat dan dapat berinteraksi secara visual dan suara secara bersamaan melalui media jaringan telekomunikasi digital. Komunikasi bersifat real time, full duplex, concurrent. Beberapa fitur utamanya adalah:

  • Aktivitas BigBlueButton dapat diintegrasikan ke dalam kursus Moodle
  • Fitur papan tulis untuk menyoroti hal-hal penting (presentasi bergaya papan tulis)
  • Mendukung berbagi layar dan penggunaan mikrofon atau webcam secara bergantian
  • Merekam sesi dan menyimpannya secara online
  • Kelas penyiaran di Moodle untuk ditonton/ditonton ulang secara langsung atau dari rumah

Tingkatkan pembelajaran kolaboratif dengan alat konferensi web

BigBlueButton adalah solusi konferensi web sumber terbuka untuk pembelajaran online yang menyediakan berbagi audio, video, slide, papan tulis, obrolan, dan layar. Ini juga memungkinkan peserta untuk bergabung dalam konferensi dengan webcam mereka dan mengundang pembicara tamu.

Membuat BigBlueButton Web Conference Kolaborasi

Agar web conference yang telah kita bangun ini memiliki otentifikasi untuk usernya. Bagi Anda yang tiba-tiba nyasar ke tulisan ini, sangat disarankan untuk mengawalinya dengan membaca serial ini, agar tak hilang arah. Simpelnya gini, kalau instalasi defaultnya BBB kan tidak ada seting password sehingga semua user yg bisa masuk dalam conference kita. Nah, dengan sedikit trik, kita bisa mengeset agar BBB memiliki syarat akun, agar tidak semua orang/user bisa ngikut.

Caranya adalah kita bisa melibatkan wordpress (WP) dalam BBB kita. Nah lho, maksudnya piye ?. Anggap saja sebagai interface awalnya adalah wordpress (untuk otentifikasi user-password) kemudian kita panggil BBB lewat wordpress kita. Bagi Anda yang belum pernah instalasi CMS wordpress disarankan untuk nyobain dulu “rasanya” install dan konfigurasi wordpress.

Selain Zoom, Ini 5 Aplikasi Video Conference

Skype

Aplikasi besutan Microsoft ini bsia menjadi referensi ketika hendak melakukan meeting online berbasis panggilan video dengan maksimal 25 oranag sekaligus. Anda bisa mengaksesnya dari smartphone, PC, hingga TV.

Teams

Sama seperti Skype, Teams juga milik Microsoft. Bedanya, Teams menjangkau lebih banyak pengguna, bisa sampai 10 ribu dalam sekali panggilan. Ini menjadi jawaban bagi Anda yang ingin melakukan live conference sekaligus.

Google Meet

Platform Google yang sebelumnya bernama Google Hangouts ini juga mampu melakukan panggilan video. Keunggulannya dari aplikasi Google Meet ini yaitu terintegrasi langsung dengan Google+ dan Gmail. Jadi, disisi akses sangat mudah bagi Anda, cukup dengan Gmail ataupun Google+.

Google Duo

Berbeda dari Meet, Google Duo hanya mampu mengundang partisipan secara kecil, maksimal 12 pengguna saja. Sehingga Anda tidak dapat berkomunikasi dengan lebih banyak pengguna lagi. Aplikasi panggilan video ini tersedia bagi beberapa jenis perangkat, diantaranya Android, iOS, tablet dan Website.

Cisco Webex

Mungkin aplikasi Video Conference ini terdengar asing, namun melalui panggilan video mampu mengajak hingga 100 partisipan. Ini akan dikenakan biaya berlangganan bagi pengguna. Layaknya Zoom, Cisco Webex juga memungkinkan para penggunanya untuk berbagi layar kepada peserta lain. Sehingga Anda dapat berkomunikasi dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *