DIY Hand Sanitizer murah meriah dan mudah dibuat.

Merebaknya kasus suspec virus Corona dan tidak kebalnya Indonesia terhadap ancaman virus ini telah membuat orang-orang berlomba-lomba untuk melakukan pencegahan dini agar tidak terjangkit virus berbahaya ini. Beberapa upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan masker dan membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer. Namun masalahnya, ketakutan berlebihan terhadap ancaman virus ini telah membuat orang-orang menimbun dan memborong dua produk ini, masker dan hand sanitizer, sehingga pada saat artikel ini ditulis di Sintang, penulis telah melakukan cek ke beberapa Indomaret dan Alfamart termasuk supermarket yang besar di sintang dan penulis tidak menemukan hand sanitizer, mengenai masker memang penulis tidak mencarinya, tapi dari pembicaraan mulut ke mulut yang belum bisa dipercaya dikatakan bahwa masker pun sulit di dapat di kota Sintang untuk saat ini.

Mending bikin DIY Hand Sanitizer

Akhirnya dari pada pusing mending saya bikin sendiri (DIY, Do it Yourself) Hand Sanitizer dengan bahan-bahan yang sangat mudah di dapat yaitu:

  • 1 Botol Alkohol 70% antiseptic
  • 1 Botol Aloe Vera merek Citra
  • 1 botol kosong bekas Hand sanitizer merek Ant*s
  • Mangkok yang bersih
  • Sendok makan yang bersih

Jadi item-item tersebut tidak sampai 50rb harganya dan ada dijual di Indomaret ataupun Alfamart.

Bahan-bahan DIY Hand sanitizer

Cara membuat DIY Hand Sanitizer, bagaimana?

Langkahnya sangat mudah sekali simak di bawah ini:

  1. Siapkan mangkok kaca transparan dan sendok makan yang bersih.
  2. Tuangkan 8 Sendok makan Alkohol ke dalam mangkok.
  3. Tuangkan 4 Sendok makan Aloe Vera ke dalam mangkok.
  4. Aduk sampat merata.
  5. Segera masukkan ke Botol kosong apa saja (asal steril) campuran tadi bisa menghasilkan kurang lebih 160 ml Hand Sanitizer.
  6. Jika ingin lebih baik lagi bisa ditambahkan vitamin E (bagus untuk kulit tangan) dan Essensial Oil dengan wangi sesuai kesukaan.

DIY Hand Sanitizer yang sudah jadi, cakep ya…

Nah mudah sekali bukan membuat DIY Hand Sanitizer, murah lagi dan bahan-bahan juga mudah di dapat. Mudah-mudahan kedua bahan ini tidak diborong juga oleh orang-orang gara-gara virus Corona.

Itu tadi cara membuat Hand Sanitizer, jika ada kebingungan silahkan berkomentar di bawah.