Tips anti gagal mengisi soal essay yang dibuat menggunakan Google Form

Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman penulis sendiri sebagai pendidik yang menggunakan aplikasi google form sebagai media memberikan soal essay kepada peserta didik.

Ada satu masalah yang dikeluhkan oleh peserta didik saat mengisi soal essay melalui google form, yaitu:

Saat sedang enak-enaknya mengisi soal, tiba-tiba koneksi wifi atau internet terputus sehingga gagal mengirim ataupun force close dari form dan terpaksa menunggu koneksi dan mengulang kembali.

Kebayang nggak, kalo soal essay-nya ada 50 dan jawaban-jawabannya rata-rata tujuh sampai delapan baris, gara-gara koneksi terputus dan force close sementara udah mengisi sampai nomor 49, tangan udah serasa “patah” (lebay ah) mengetik dan harus mengulang lagi dari awal, belum lagi kalo pendidiknya kasi batasan waktu aktif link soalnya sampai jam sekian. Mending jangan dibayangkan deh.

Pak, jelasin donk cara anti gagal isi essay di google form.

Oke deh, to the point aja yah bro and sist. Mudah banget caranya. Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah sebisanya kamu mengisi form tersebut menggunakan Laptop or PC. Jalankan Aplikasi Microsoft Word or Notepad di Laptop/PC kamu. Trus jawablah pertanyaan essay tersebut dengan mengetik di Word or Notepad kamu, jangan lupa save secara berkala kalo baterai laptop kamu udah soak, atau PC kamu nggak pake UPS supaya filenya aman.

Naah, setelah kamu selesai mengisi semua soal (mengetiknya di word) sekarang kamu tinggal Copy Paste aja dari Word ke kolom jawaban pertanyaan Essay tersebut. Setelah selesai semuanya baru deh kamu tekan tombol Submit/Kirim jawaban kamu. Jadi kalo tiba-tiba koneksi terputus trus kamu gagal mengirim jawaban, kamu tidak perlu mencari jawaban lagi, cukup copas dari file word yang kamu ketik tadi, mudah bukan?

Gimana kalo nggak punya Laptop/PC?

Kalo tidak punya Laptop ataupun PC, kamu bisa memanfaatkan aplikasi catatan di Smartphone kamu. Jangan pakai Smartphone doank donk, penggunanya juga harus lebih smart.

Nah itu tadi tips anti gagal isi soal essay yang dibuat menggunakan Google Form, mudah bukan. Kalo ada yang masih kurang jelas, silahkan scrool ke bawah dan tinggalkan komentar. Salam sintangweb.