Mudah sekali, cara mengisi data di Google Form, Yuk baca sampai habis.

Pada zaman yang serba digital dan online ini, dibutuhkan fasilitas-fasilitas yang modern untuk memudahkan akses ke berbagai informasi. Itulah sebabnya Google membuat inovasi baru dengan meluncurkan google Form yang bertujuan memudahkan akses data elektronik di era sekarang ini.

Apa itu Google Form?

Google form adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk membuat formulir secara online yang bertujuan diantaranya untuk: merencanakan sebuah acara, mengirim survey, memberikan kuis, memberikan pertanyaan essay, formulir pendaftaran online, pendataan (mengumpulkan data) serta sebuah sarana mengumpulkan informasi yang mudah dan efisien.

Dalam tulisan kali ini, saya hendak membahas tentang bagaimana cara mengisi formulir yang telah dibuat menggunakan Google Form secara mudah dan cepat tanpa ribet dan langsung dari tangan anda melalui Smartphone. Saya asumsikan bahwa ketika anda memiliki smartphone anda sudah memiliki akun google yang digunakan untuk mengaktifkan smartphone anda (walaupun sebenarnya anda bisa menggunakan smartphone tanpa membuat akun google).

Apakah anda sudah punya akun Google?

Pada umumnya semua smartphone baik Android maupun Apple wajib memiliki minimal satu akun google, karena akan digunakan untuk mendownload aplikasi dari Playstore untuk Android ataupun Appstore untuk pengguna iOS. Anda dapat memeriksanya melalui Smartphone anda masing-masing, saya tidak menjelaskannya di bagian ini. Baiklah, kita langsung pada intinya saja.

Bagaimana caranya mengisi Google Form? Simak di bawah ini.

Untuk mengisi Form pada google form terlebih dahulu anda harus memiliki link menuju form tersebut sebagaimana ditunjukkan pada gambar di bawah ini:

Link menuju google form

Jika anda sudah memiliki link google form seperti gambar di atas silahkan klik link tersebut hingga anda akan dibawa ke halaman login akun google terlebih dahulu seperti gambar di bawah ini:

Tidak semua pembuat/penyedia Google Form mengharuskan anda login menggunakan akun google anda, tergantung kepada bentuk Form yang mereka buat.

www.sintangweb.com
Halama Login akun Google sebelum mengisi Google Form

Ketika ditampilkan seperti gambar di atas, silahkan anda mengklik pada tombol Login, maka anda akan di bawa menuju halaman login akun google anda seperti gambar berikut ini:

Halaman Login akun google, silahkan masukkan username google anda.

Pada gambar di atas silahkan masukkan username anda, misalnya: namaakunsaya@gmail.com lalu kemudian klik tombol “Berikutnya” dan anda akan di bawa ke halaman password akun google anda seperti tampilan di bawah ini:

Halaman masukkan passord akun google, silahkan masukkan password anda.

Silahkan anda masukkan password akun google anda, lalu klik tombol “berikutnya” dan anda akan diarahkan langsung menuju Google Form atau Formulir google yang akan anda isi seperti tampilan berikut ini:

Tampilan google form yang akan diisi.

Pada tampilan di atas, silahkan anda mengisi formulir sebagaimana perintah yang disampaikan dalam formulir tersebut. Setelah selesai mengisinya, anda dapat memeriksa kembali apakah informasi yang anda berikan sudah benar atau tidak. Jika dirasa formulir sudah diisi dengan benar maka anda dapat mengklik tombol “Submit/kirim” tujuannya untuk mengirim informasi isian Formulir tersebut kepada penyedia/pembuat formulir. Biasanya penyedia formulir akan mengirimkan respon otomatis kepada pengisi formulir setelah anda mengklik Submit, yang menjelaskan bahwa formulir telah diisi dan dikirim kepada mereka sebagaimana tampilan di bawah ini:

Informasi respon penyedia formulir.

Perhatikan tampilan di atas. Jika anda merasa ada informasi yang belum lengkap anda sampaikan pada formulir tersebut, anda dapat mengeditnya dengan mengklik pada link “Edit your response” pada kolom merah tersebut. Anda akan di arahkan menuju formulir seperti pada gambar sebelumnya.

Jika tidak ada tombol atau menu “Edit your response”, itu artinya penyedia formulir tidak mengijinkan anda mengubah data lagi, anda harus berhati-hati mengisi semua data sebelum memutuskan untuk mengirimnya.

www.sintangweb.com

Nah, itu tadi cara mengisi formulir yang dibuat menggunakan Google Form. Semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang jelas, silahkan scrool ke bagian paling bawah dan tinggalkan komentar anda. Salam sintangweb.