Ketahuilah! Bahaya Whatsapp Mod Terhadap Data Pribadi.

www.sintangweb.com – Whatsapp Mod adalah aplikasi Whatsapp hasil modifikasi dari versi asli (versi resmi) yang kemudian disebarkan secara bebas di internet. Whatsapp mod memiliki banyak kelebihan seperti bisa menyembunyikan status online, menyembunyikan status mengetik, menyembunyikan status dibaca dan banyak lagi yang lain. Pertanyaanya, apakah Whatsapp versi resmi tidak bisa membuat fitur seperti itu? Tentu saja bisa, bahkan sebelum orang-orang memodifikasinya mereka sudah memikirkan fitur itu sebelumnya, namun mengapa mereka tidak membuat Whatsapp dengan fitur tersebut? Semuanya berhubungan dengan privasi dan kenyamanan para penggunanya.

Semua aplikasi Whatsapp yang didapat bukan dari sumber resminya dapat dikatakan Whatsapp Mod (modification). Sekarang sudah banyak beredar aplikasi Whatsapp mod yang bahkan bisa diunduh secara bebas melalui internet. Awalnya banyak orang menyukai perangkat lunak tersebut namun ternyata banyak bahaya mengintainya.

Secara resmi memang Whatsapp tidak mengeluarkan dukungan berupa aplikasi pihak ketiga. Sehingga apapun yang terjadi pada pengguna perangkat tersebut keluar dari tanggung jawab developer.

Versi modifikasi dari aplikasi pesan singkat ini sebenarnya sudah ada beberapa. Namun di sini kami akan membahas yang paling populer yaitu versi plus dan GB karena keduanya ternyata menyimpan banyak bahaya.

Jadi para pengguna perlu waspada agar tidak ada hal buruk terjadi karena menggunakan versi tersebut. Memang banyak kelebihan ketika menggunakan versi pihak ketiga ini salah satunya melihat pesan terhapus.

Jadi ketika di grup misalnya ada orang yang menghapus pesannya, kita tetap bisa melihatnya. Tentu hal seperti ini sangat berguna bagi orang yang suka penasaran terhadap percakapan tertentu.

Kemudian dengan menggunakan perangkat lunak tersebut pesan dapat dipindahkan secara langsung. Baik itu menjadi bentuk teks dan disimpan menggunakan memori internal atau melalui cloud.

Bahkan untuk versi plus terdapat layanan untuk melakukan forward pesan menuju email. Jadi apapun pesan yang masuk pada akun bisa langsung terintegrasi pada email milik pengguna aplikasi.

Sekilas memang fitur tersebut cukup membantu bagi para pengguna. Namun ternyata di belakang hal positif tersebut ada hal berbahaya yang perlu diwaspadai dan dihindari oleh para penggunanya.

Ini Dia Perbedaan Whatsapp Mod dan Asli.

Ada dua hal dasar yang menjadi pembeda antara modifikasi dan versi asli. Kami sudah merangkum keduanya agar kamu mudah memahaminya sehingga bisa mempertimbangkan ketika akan menggunakannya.

  1. Fitur.

Ini adalah hal paling sulit dijelaskan karena hampir setiap bulan selalu ada perubahan fitur. Jadi secara umum saja kami akan memberikan gambaran karena terlalu sulit untuk merincinya.

Pada dasarnya setiap versi modifikasi selalu memiliki fitur anti hapus pesan, penyimpanan pesan, dan mematikan status online. Jadi pengguna bisa merasa lebih fleksibel ketika menggunakan versi modifikasi.

Tentu saja fitur tersebut hanya dapat ditemui ketika kamu menggunakan Whatsapp mod saja. Jadi jika memakai aplikasi resmi fitur tersebut tidak akan pernah ditemukan atas alasan privasi.

Lalu ada versi modifikasi tertentu yang bisa melakukan stalking pada akun. Jadi cukup kirim APK melalui bluetooth korban dan akan berjalan secara otomatis.

  1. Keamanan dan Privasi.

Dari segi keamanan dan privasi tentu saja versi modifikasi tidak ada yang menjamin keduanya. Bahkan developer secara jelas menyebutkan setiap akibat dari penggunaan bukan tanggungan mereka.

Ini membuat APK tersebut semakin mencurigakan dan pencurian data sudah bukan sekedar tuduhan lagi. Pihak pengembang bisa dengan bebas mengakses isi chat dari pengguna aplikasi terkait.

Kemudian enkripsi end to end dari percakapan akan otomatis hilang sehingga aspek privasi menjadi nihil. Jadi akan sangat mungkin terjadi kebocoran data dari pengirim menuju penerima.

Dengan melihat dua perbedaan tersebut tentu saja kamu bisa mempertimbangkan sendiri apakah ini layak digunakan. Pertimbangkan matang-matang apakah manfaatnya lebih besar dari kekurangannya.

Apa itu Aplikasi GB Whatsapp?

Aplikasi ini merupakan salah satu jenis modifikasi perangkat lunak yang dapat digunakan untuk meningkatkan fitur Whatsapp. Tentu saja ini adalah APK ilegal yang tidak mendapatkan izin maupun kredensial dari developer resmi.

Jadi ketika digunakan memang banyak fitur baru seperti telah dijelaskan sebelumnya. Namun tentu saja harus mengorbankan beberapa keunggulan dari versi asli ketika menggunakannya.

Tipe ini memiliki iklan sehingga sangat mudah dibedakan terhadap keluaran developer resmi. Fitur khusus dari GB Whatsapp adalah mampu melakukan pemindahan percakapan secara langsung.

Jadi kamu akan otomatis memiliki backup percakapan dari seluruh pesan baik itu berupa tulisan, gambar, video, maupun suara. Bagi mereka yang memiliki memori internal kecil tentu ini sangat membantu.

Kamu tetap bisa rajin menghapus pesan tanpa khawatir kehilangan data percakapan pribadi. Ini adalah jenis modifikasi paling aman dibandingkan keluaran lainnya menurut review para pemakai.

Namun tetap saja pencurian data adalah hal yang dapat terjadi ketika menggunakan versi ini. Pada saat diinstal otomatis enkripsi end to end dari aplikasi resmi akan hilang karena perubahan pihak ketiga.

Jadi kerahasiaan percakapan sudah tidak lagi bisa digaransi dengan memasang perangkat tambahan tersebut. Apabila akun digunakan untuk percakapan pribadi tentu saja ini akan sangat mengganggu.

Biasanya orang yang menggunakan modifikasi seperti ini memiliki usaha tertentu yang membuat terlalu banyak percakapan. Jadi dengan adanya sedikit tweaking bottlenecking tidak akan mudah terjadi. Bagi para pengguna normal sebaiknya menghindari penggunaan modifikasi seperti ini. Karena bahaya yang mengintai dibalik semua fitur tersebut ternyata jauh lebih masif.

Pengaruh Aplikasi GB Whatsapp pada Akun Pribadi.

Untuk akun pribadi sendiri selain pencurian data tentu saja sangat bervariasi setiap tipenya. Jadi kami tidak bisa menjelaskan secara spesifik setiap tipe, namun berfokus pada modifikasi GB saja.

Jika digunakan dalam jangka waktu cukup lama maka akun akan terblokir oleh developer resmi. Hal tersebut karena penggunaan perangkat pihak ketiga tanpa kredensial melanggar TOS dari developer.

Sehingga secara otomatis akun akan di banned dan tidak dapat menggunakan aplikasi terkait. Jika ingin menggunakan lagi tentu saja kamu harus mendaftarkan nomor baru agar bisa kembali.

Jadi memang GB Whatsapp akan sangat mengganggu apabila akun tersebut ingin digunakan dalam jangka waktu lama. Misalnya saja nomor sudah memiliki banyak kontak maka otomatis akan hilang.

Data pribadi yang akan diambil ketika menggunakan mod tersebut adalah kontak, percakapan, dan isi dari file manager. Jadi memang privasi penggunanya akan cukup terekspos oleh pihak luar. Kamu rela percakapan pribadi kamu, kiriman foto dan video kamu dan semua informasi pribadi kamu terekspos oleh orang?

Jika kamu tidak menginginkan data pribadi kamu dibocorkan oleh pihak tidak bertanggung jawab lebih baik jangan menggunakannya. Namun jika hal tersebut bukan menjadi masalah tentu saja kamu bisa memakainya.

Masalah privasi seperti ini memang belum terlalu menjadi fokus utama masyarakat teknologi di dalam negeri. Padahal dengan adanya data leaking berbagai potensi kriminal dapat terjadi.

Oleh karena itu jangan sampai gadaikan privasi kamu hanya untuk mendapatkan sedikit kemudahan. Lebih baik menggunakan versi resmi meski memiliki banyak kekurangan fiturnya.

Masih lebih menguntungkan menggunakan APK resmi karena aspek keamanan dan privasi terjaga. Developer juga memberikan enkripsi terbaik sehingga semua percakapan sifatnya pribadi.

Bahaya Whatsapp Mod untuk Perangkat Android.

Bahaya terbesar ketika menggunakan aplikasi modifikasi seperti ini adalah adanya potensi malware. Malware merupakan sebuah program yang memiliki tugas tertentu dan sulit dideteksi oleh sistem.

Biasanya malware memiliki tujuan buruk seperti mencuri data, melakukan transaksi tertentu, atau bahkan mengoperasikan perangkat secara ilegal. Jadi potensi GB Whatsapp memang sangat berbahaya bagi pengguna.

Malware dapat menginstal dirinya secara otomatis pada perangkat android. Sehingga pengguna tidak akan sadar ketika perangkatnya sudah terinfeksi oleh malware sampai tahap mencurigakan.

Biasanya ketika pengguna menyadari adanya malware di situ sudah percuma melakukan pembersihan. Alasannya adalah malware baru akan muncul ke permukaan apabila tugasnya sudah selesai.

Jadi bahaya Whatsapp mod misalnya ketika menggunakan gadget dan muncul banyak iklan padahal tidak membuka aplikasi, ini sudah terlambat. Perangkat android kamu sudah terinfeksi oleh malware dan perlu melakukan reset pabrik.

Malware dapat masuk melalui berbagai hal mulai dari transfer data hingga pemasangan perangkat lunak ilegal. Jadi kamu perlu berhati-hati apabila tidak ingin menjadi korban mengerikan malware.

Di Indonesia sendiri kesadaran para pengguna teknologi terhadap malware masih sangat minim. Jadi jangan terkejut jika ternyata mayoritas data pribadi para pengguna android dalam negeri sudah bocor.

Hal seperti ini tidak akan terjadi apabila para pengguna android menyadari bahaya dan melakukan pencegahan. Memasang aplikasi resmi dan menghindari versi ilegal yang berpotensi memberikan bahaya.

Sehingga perlu dipertimbangkan apabila kamu hendak menggunakan perangkat lunak ilegal ini pada device. Jangan sampai menjadi korban berikutnya akibat tergiur oleh manisnya fitur tambahan pihak ketiga.

Bahaya Whatsapp Mod untuk Privasi.

Pada awal artikel sudah disinggung bahwa ada mod tertentu yang memiliki peran seperti keylogger. Jadi seluruh pesan yang terkirim dan diterima oleh korban akan mampu dilacak oleh pelaku penyadapan.

Proses pemasangan aplikasi tersebut bahkan ada versi silent sehingga tidak membutuhkan persetujuan dari sistem. Dengan begitu program bisa secara diam-diam diberikan oleh pelaku kejahatan.

Ada beberapa langkah mulai dari mengirim melalui bluetooth, hingga proses tethering. Sehingga tidak membutuhkan waktu lama agar aplikasi ini dapat terpasang secara langsung pada korban.

Biasanya para pelaku kejahatan menggunakan bahaya Whatsapp mod seperti ini untuk menggali data pribadi. Mulai dari isi galeri, file manager, kontak, hingga email semuanya dapat disusupi oleh malware.

Jadi korban bisa kehilangan seluruh privasinya ketika menggunakan android yang telah terinfeksi. Oleh karena itu kamu perlu mewaspadai kejahatan seperti ini agar tidak menjadi korban berikutnya.

Kehilangan seluruh privasi artinya semua informasi berharga yang kamu miliki telah dapat diakses dan disebarkan ke umum, ketika kamu meminta menghapusnya kamu harus membayar sejumlah uang, begitu seterusnya.

Selain itu ada beberapa tipe modifikasi yang dapat mengoperasikan hardware secara ilegal. Misalnya kamera akan menyala sendiri meskipun tidak ada aktivitas terkait penggunaan fitur tersebut.

Hal seperti ini tentu sangat berbahaya tidak hanya privasi saja karena dapat digunakan untuk merencanakan kejahatan. Kemudian perekam suara juga dapat aktif sendiri dan mengirimkan hasil rekaman.

Tentu saja akan semakin mudah mencurigai apabila sudah terjadi hal seperti itu. Segera lakukan reset pabrik agar malware dapat hilang secara tuntas dari sistem dan tidak mengganggu lagi.

Sudah cukup banyak korban penyalahgunaan malware seperti ini di Indonesia. Bahkan ransomware pernah sampai masuk dalam negeri dan membuat rugi banyak pihak tidak bersalah.

Bahaya GB Whatsapp Ketika Dipasang.

Pada hal ini merupakan pembahasan yang cukup spesifik terkait versi modifikasi GB sehingga perlu diwaspadai. Kami sudah mempersiapkan tiga bahaya Whatsapp mod yang perlu diwaspadai oleh para pengguna aplikasi ilegal ini.

  1. Memperlambat Kerja Sistem.

Hal ini akan sangat terlihat pada android dengan spesifikasi RAM 3 GB kurang. Jadi android memang akan terasa jauh lebih lambat dibandingkan biasanya sebelum menggunakan APK ilegal ini.

Bagi yang tidak memasang secara sadar maka ini akan terasa bahkan saat sampah sudah dibersihkan. Jadi waspada ketika sampah dan file besar bersih namun sistem masih terasa berat.

  1. Muncul Iklan.

Iklan memang tidak berbahaya namun dalam kondisi tertentu bisa sangat mengganggu penggunaan. Bahaya GB Whatsapp ini sering dianggap sepele karena hanya sekedar iklan.

Padahal iklan tersebut bisa berpotensi berjalan di latar belakang tanpa kamu menyadarinya. Jadi developer memang mengambil keuntungan dari background ads tersebut.

  1. Over Heat.

Bagi perangkat yang menggunakan spesifikasi RAM 3 GB kurang overheat rentan terjadi. Terutama ketika background Ads sudah mulai diaktifkan oleh aplikasi ilegal ini.

Jadi perangkat akan cepat panas meskipun program berjalan tidak terlalu berat. Hal tersebut terjadi karena iklan berjalan konstan di latar belakang tanpa pengguna menyadarinya.

Dalam kondisi parah ini akan membuat baterai perangkat lebih cepat drop dan rusak. Oleh karena itu selalu waspadai agar tidak menggunakan versi ilegal meskipun fiturnya menggiurkan.

Dengan mengetahui bahaya tersebut kamu tentu akan berpikir ulang ketika hendak melakukan pemasangan secara ilegal. Jadi jika tidak ingin menjadi korban pastikan untuk selalu menggunakan versi resmi.

Mengatasi Bahaya GB Whatsapp yang Sudah Terlanjur.

Cara paling mudah ketika sudah terlanjur menggunakan mod dan kerugiannya muncul adalah dengan melakukan reset pabrik. Cara melakukan reset pabrik cukup mudah ikuti saja langkah berikut.

  1. Masuk menu setting
  2. Cari additional setting
  3. Scroll paling bawah dan pilih backup and reset
  4. Scroll lagi paling bawah dan pilih factory data reset
  5. Pilih all files on the phone

Dengan mengikuti langkah tersebut maka android akan melakukan penghapusan data secara total. Mulai dari file, foto, video, hingga semua aplikasi jadi nantinya akan kembali seperti pertama membeli.

Ini adalah trik paling mudah untuk mengatasi bahaya GB Whatsapp dan dapat dilakukan secara cepat. Namun metode ini memiliki kelemahan di mana kamu masih perlu melakukan backup data.

Belum tentu data yang kamu backup tersebut aman dari malware jadi harus melakukan scanning menggunakan perangkat lainnya. Namun jika tidak ada data berharga langsung saja lakukan factory reset.

Dengan begitu malware dan virus akan hilang secara total dari android sehingga bisa digunakan kembali. Apabila cara tersebut masih tidak berjalan tenu harus melakukan wipe out total.

Prosesnya cukup rumit sehingga pengguna awam akan kesulitan ketika melakukannya. Kamu boleh mengikuti tutorial wipe out android di internet namun akan lebih aman jika menyerahkan pada ahlinya saja.

Apabila kamu tidak ingin kerepotan seperti itu tentu saja tidak usah menggunakan versi ilegal. Dengan menggunakan versi resmi maka kamu bisa mendapatkan manfaat secara aman dan bebas malware.

Apakah Whatsapp Mod Masih Aman Digunakan?

Aman atau tidak kembali lagi pada definisi pribadi kamu terhadap kekurangan APK tersebut.

Jika mengalami kebocoran data tidak menjadi masalah tentu saja APK mod sangat aman dan cocok digunakan.

Apalagi jika perangkat android memang hanya digunakan sebagai platform sementara dan bukan gadget utama. Jadi tidak ada salahnya menggunakan versi tersebut selama mengetahui apa saja sisi negatifnya.

Ketika keamanan dan privasi adalah hal yang ingin kamu pertahankan maka menggunakan mod seperti itu adalah hal paling tidak direkomendasikan. Semua aspek privasi yang diberikan developer resmi akan hilang.

Semua layanan utama seperti update dan jaminan sinkronisasi data juga tidak dapat digunakan. Tentu ini akan sangat membatasi dalam jangka waktu lama bagi para pengguna versi ilegal.

Jadi kami sangat tidak merekomendasikan untuk menggunakan versi ini karena lebih banyak kerugiannya. Bayangkan saja berapa besar potensi bahaya dengan membocorkan data pribadi dalam android.

Data tersebut sudah jelas akan dimanfaatkan oleh pihak tidak bertanggungjawab demi kepentingan mereka. Sehingga pengguna android akan dirugikan dari segi privasi dan keamanan.

Selain itu potensi dari modifikasi untuk merusak android juga sangat tinggi. APK tersebut dapat membuat perangkat lebih lambat dan cepat panas sehingga membuat usia penggunaannya tidak bertahan lama.

Sekali lagi kamu jangan hanya tergoda oleh fitur yang kelihatannya menguntungkan saja. Dibalik semua itu ada niat jahat dari pihak tidak bertanggung jawab untuk menyalahgunakan data hasil penyadapan.

Apabila kamu memahami bagaimana risikonya tentu akan mengurungkan niat menggunakannya.

Bahaya Whatsapp Mod jauh lebih besar dari pada keuntungannya, jadi usahakan untuk tidak memakainya.

Herry Kiswanto

Diterbitkan oleh

Herry Kiswanto

Seorang web developer dan penulis artikel serta Vlogger video-video tutorial di channel herrykiswanto16